PENGERTIAN INDIANID

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN INDIANID – Sebuah subras Mongolid penduduk asli Amerika, yang lebih dikenal sebagai orang Indian atau Amerindian. Subras ini menghuni hampir seluruh wilayah Amerika, dari utara sampai selatan. Mereka ber­migrasi secara bertahap dari daratan Asia melalui Selat Behring lewat Alaska, yang merupakan jembatan pada Jaman Es, di sebelah utara, lalu menyebar ke selatan dan kemudian kehilangan hubungan satu sama lain, sehingga timbul isolasi di antara mereka. Penye­berangan tersebut terjadi sekitar 10.000— 30.000 tahun yang lampau. Orang Indianid ini menunjukkan homogenitas dasar yang nyata, walaupun ada juga perbedaan atau penyimpangan.
Ciri dasar yang umum ialah kulitnya yang kuning- cokelat sampai merah-cokelat, badan yang relatif tinggi dengan tungkai dan lengan bawah pendek, tangan dan kaki kecil, rambut hitam, lurus, kasar atau kaku dan panjang, jarang bergelombang walau hanya sedikit; pada usia tua jarang terjadi kebotakan, tetapi warna menjadi abu-abu.
Bulu badan jarang, bulu muka biasanya tak ada, janggut jarang. Muka datar lebar, pipi menonjol dan lebar ke samping. Warna mata bervariasi dari cokelat sedang sampai gelap. Pelupuk mata mempunyai lipat­an, walaupun jarang lengkap. Rongga mata terpisah jauh dan dangkal. Tulang hidung masuk jauh ke da­lam tulang dahi, dan lurus. Bibir bervariasi dari tipis sampai tebal. Gigi seri besar dan biasanya terdapat bentuk khusus seperti tembilang, tangkupan gigi te­pat atas-bawah. Dagu nyata. Bentuk kepala bervariasi dalam hampir semua bentuk.

PENGERTIAN INDIANID | ok-review | 4.5