PENGERTIAN INDEX ON CENSORSHIP

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN INDEX ON CENSORSHIP – Majalah yang diterbit­kan enam kali dalam setahun di London, Inggris, isi­nya sarat dengan laporan tentang tekanan-tekanan di berbagai negara di dunia terhadap para pengarang dan wartawan. Majalah yang dikelola oleh para pembela hak-hak asasi manusia ini memuat pula karya-karya para pengarang yang di tanah airnya sendiri dilarang terbit. Sejumlah tokoh internasional dalam berbagai profesi, baik dari Inggris maupun dari negara-negara lain, menjadi pelindung penerbitan ini. Misalnya, dirigen Yehudi Menuhin, violis yang dianggap ter­besar pada abad ke-20 sekarang ini.
Sesuai dengan namanya, majalah ini melakukan penelitian tentang peristiwa-peristiwa penyensoran seperti yang terjadi di Asia, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, serta Eropa Tengah dan Timur. Hal ini dianggap penting karena, seperti dikatakan dalam salah satu laporan tahunannya, sensor “mengucilkan rakyat, menimbulkan kebodohan, tetapi lebih-lebih lagi mempertahankan monopoli kekuasaan.”
Penerbit yang sama, Writers and Scholars Inter­national Ltd., rata-rata sebulan sekali menerbitkan pula satu halaman “laporan segera” berjudul Briefing Papers. Laporan ini memuat rincian tentang warta­wan dan pengarang di manca negara yang ditekan, ditangkap, ditahan, atau raib.

PENGERTIAN INDEX ON CENSORSHIP | ok-review | 4.5