PENGERTIAN INDEKS NILAI PENTING

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN INDEKS NILAI PENTING (INP) – Dalam ilmu ling­kungan, adalah angka yang menggambarkan posisi suatu jenis tumbuhan atau hewan dalam suatu komu­nitas. Besarnya indeks nilai ini akan bergantung ke­pada beberapa faktor, yaitu nilai frekuensi relatif, kerapatan relatif, serta dominansi relatif. Besarnya nilai frekuensi relatif, kerapatan relatif serta dominan­si relatif suatu spesies dapat diperoleh dengan men­catat nama dan jumlah jenis tanaman setiap individu, diameter tanaman, dan tinggi tanaman dalam suatu alur yang telah ditentukan. Dengan menjumlahkan besaran atau nilai frekuensi relatif, kerapatan, serta don nansi relatif, akan diperoleh indeks nilai penting.
Untuk tumbuhan yang bukan pohon, INP dapat diperoleh dengan menjumlahkan nilai frekuensi relatif dan kerapatan relatif saja.
Besarnya INP suatu jenis yang dijumpai dalam suatu ekosistem menunjukkan pentingnya kedudukan jenis tumbuhan di tempat jenis itu berada dalam eko­sistem tersebut. Apabila dalam suatu ekosistem ter­jadi gangguan terhadap tumbuhan yang mempunyai INP tertinggi, gangguan itu akan berpengaruh ter­hadap komponen lain dan terhadap ekosistem yang bersangkutan. Tetapi bila gangguan itu terjadi ter­hadap tumbuhan dengan INP rendah, biasanya pe­ngaruhnya terhadap ekosistem tersebut kecil.

PENGERTIAN INDEKS NILAI PENTING | ok-review | 4.5