PENGERTIAN INCA

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN INCA – Sebuah kelompok klen yang mula-mula men­diami daerah Peru. Menurut legenda asal-usul suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco. Bangsa dan dinasti Inca telah mendiami daerah Cuzco sejak kira-kira tahun 1200. Tetapi sejak penaklukan oleh kekuasaan Pachacuti da­lam tahun 1438, bangsa Inca mulai memperluas wi­layahnya dengan menaklukkan daerah-daerah sekitarnya. Akhirnya mereka membentuk suatu wilayah ke­kuasaan besar dan luas yang membentang dari Quito di utara sampai Chile bagian tengah. Bangsa Inca menyebut wilayah kekuasaannya Tahuantinsuyu, artinya daerah yang meliputi empat wilayah. Nama itu menunjukkan bahwa seluruh wilayah kekuasaan bangsa Inca terbagi menjadi empat bagian geografis, yang dibagi lagi menjadi lebih dari 80 propinsi. Penguasa tertinggi di tangan seorang yang dianggap se­bagai wakil dewa matahari.
Dalam kehidupan ekonomi, penduduk mengenal se­macam pajak yang disebut mita dalam bentuk tenaga kerja. Bangsa Inca melakukan upacara religius yang disebut upacara Pacha-Mama di puncak gunung Che- reaje. Pada upacara tersebut tiap peserta mencari la­wan berkelahi dengan menggunakan berbagai senjata seperti cemeti, lasso, dan bandering (waraka). Per­kelahian tersebut harus sampai mengeluarkan darah. Menurut kepercayaan mereka, apabila darah telah tertumpah, maka hasil panen akan melimpah-ruah, ternak akan cepat berkembang-biak. Upacara ter­sebut pada hakikatnya adalah upacara korban darah. Bahasa mereka disebut Quecha. Bangsa Inca telah ditaklukkan oleh Spanyol di bawah pasukan Francisco Pizarro dalam tahun 1532.
Bukti-bukti arkeologis mengenai keberadaan ke­budayaan Inca, yang berasal dari fase Killke (1200— 1438), ditemukan di daerah sekitar Cuzco di dataran tinggi Peru bagian selatan. Berdasarkan hasil eks- kavasi terhadap situs-situs di daerah tersebut diper­oleh gambaran bahwa Inca ketika itu hanyalah me­rupakan suatu wilayah yang kecil saja. Baru kemu­dian setelah kekuasaan dipegang oleh Pachacuti yang memerintah tahun 1438— 1471, Inca memperluas wi­layah kekuasaannya dengan menaklukkan daerah- daerah sekitarnya.
Pachacuti digantikan oleh anaknya bernama Topa Inca yang berkuasa dari tahun 1471—1493. Pada masa Topa Inca itulah bahasa Quechua ditetapkan sebagai lingua franca di seluruh wilayah Tahuantinsuyu. Se­lama pemerintahan Topa Inca wilayah kekuasaan Inca diperluas dengan menaklukkan daerah-daerah pantai Peru bagian selatan, Bolivia selatan, Argentina barat laut, dan Chile.
Di antara pusat-pusat administratif yang merupakan situs-situs Inca adalah: Ollantaytambo, Pisac, Machu Pichu, Vilcashuaman, dan Huanuco Pampa (semuanya di dataran tinggi); La Centinela, Tambo Colorado, Chiquitoy Viejo (di dataran pantai). Komunikasi antara pusat-pusat administratif diper­lancar oleh sistem jaringan jalan yang sangat bagus berupa dua jalan utama di dataran tinggi serta datar­an pantai, dan jaringan jalan yang menghubungkan dua jalan utama tersebut serta pusat-pusat adminis­tratif atau pemukiman.
Sistem ekonomi adalah sistem pajak tenaga: pem­bayar pajak menyediakan tenaganya kepada pemerin­tah, sedangkan pemerintah memberikan perlindungan bahan makanan, atau perlengkapan lain kepada pen­duduknya. Pajak tenaga tersebut antara lain: tenaga untuk pertanian pada tanah pemerintah, tenaga un­tuk pembangunan irigasi, jalan, teras-teras pertanian, jembatan, tempat upacara, maupun bangunan peme­rintah. Jenis pajak ini disebut mita. Jenis pajak tenaga yang lain adalah menjadi tentara.

PENGERTIAN INCA | ok-review | 4.5