PENGERTIAN INAI

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN INAI – Jenis tarian yang terkenal di beberapa daerah Sumatra, seperti di Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi. Di Aceh tarian ini dikenal, terutama di Tanuang, Aceh Timur, sebagai tari hiburan yang dibawakan men­jelang akad nikah suatu perkawinan. Tari ini di­pengaruhi oleh kesenian Melayu. Sebagai ciri khas tarian ini, penarinya tidak pernah berdiri selama menari. Tarian dibawakan dalam ke­adaan jongkok, merebahkan diri dan berguling sam­bil membawa piring berisi ramuan daun di kedua tangan penari. Gerak tarinya berunsur silat, ditarikan secara tunggal oleh penari laki-laki dan dapat berganti penarinya. Alat musik pengiring dapat berupa gong dan rebana.
Di Riau tari inai merupakan tari upacara pembakti- an kepentingan raja. Tarian dibawakan secara ber­kelompok dengan iringan nyanyian dan alat musik seperti gendang, gong, dan gedombak.
Sebagai tari kepahlawanan yang bersifat hiburan, tari inai cukup dikenal untuk daerah Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Tari ini mengisahkan empat pengawal raja yang menari untuk menghibur pengantin keluarga raja. Tarian diiringi nyanyian tradisional dengan alat musik biola dan gendang.
Di Jambi tari hiburan ini sudah menjadi tradisi un­tuk melengkapi upacara perkawinan atau perayaan lainnya. Penari laki-laki mengenakan baju teluk be­langa, kain songket dan ikat kepala (destar), sedang­kan penari wanita mengenakan baju kurung, kain songket, dan selendang. Para penarinya juga me­ngenakan pending atau keris di pinggangnya. Tarian ini diiringi orkes kulintang dengan alat musik kulin­tang, gong, dan gendang.

PENGERTIAN INAI | ok-review | 4.5