PENGERTIAN IMUNOGLOBULIN

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IMUNOGLOBULINSekelompok glikoprotein dalam serum dan cairan jaringan semua mamalia yang me­miliki fungsi imunologik atau sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai antibodi, yang me­ngenal dan mengikat antigen secara spesifik. Dalam protein serum senyawa ini termasuk fraksi gama- globulin.
Suatu molekul imunoglobulin terdiri “tas satu pa­sang rantai polipeptida panjang dan satu pasang rantai polipeptida pendek, yang satu sama lain dijembatani oleh ikatan disulfida .
Bila suatu molekul imunoglobulin dipotong oleh enzim papain, akan terjadi tiga fragmen. Dua di antara ketiga fragmen tersebut berupa kom­pleks yang larut dan tidak mengendap. Kedua fragmen ini merupakan fragmen antibodi univalen dan disebut Fab {fragment antigen binding; fragment yang mengikat antigen). Fragmen ketiga yang tidak memiliki kemampuan mengikat antigen disebut Fc {fragment crystalizable), karena didapat dalam bentuk kristal.
Imunoglobulin dibagi dalam lima golongan atau ke­las, yaitu Imunoglobulin G (IgG), IgM, IgA, IgD dan IgE. Pengelompokan ini didasarkan pada perbedaan ukuran, muatan listrik, komposisi asam amino dan kandungan karbohidrat Fc-nya dan bukan berdasar­kan spesifisitasnya. Lebih lanjut, berdasarkan per­bedaan-perbedaan kecil dalam rantai panjangnya, IgG dapat dibagi menjadi empat sub-kelas, yaitu IgGl, IgG2, IgG3, dan IgG4, yang satu sama lain memiliki kesamaan dan perbedaan antigenisitas.

PENGERTIAN IMUNOGLOBULIN | ok-review | 4.5