PENGERTIAN IMPRESIONISME

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IMPRESIONISME  – Suatu bentuk ekspresi seni yang tidak hanya ditemukan dalam seni lukis, tetapi juga dalam sastra dan seni musik. Dalam bidang seni lu­kis, impresionisme muncul di Perancis pada perte­ngahan abad ke-19. Para seniman impresionis me­nuangkan hasil karyanya sesuai dengan apa yang di­lihat dan dihayati, tanpa memberikan tambahan apa- apa walau tambahan itu akan menghasilkan sesuatu yang indah.
Para seniman umumnya bekerja di alam terbuka dan bekerja langsung dari objek tidak dari gambar atau sketsa. Karyanya sering menggambarkan peman­dangan seperti laut, hutan, sungai. Anggota gerakan impresionisme di antaranya Claude Monet, Auguste Renoir, Camille Pissaro, Berthe Morisot, Alfred Sisley, dan Jean Frederic Bazille. Batasan impresionisme terlihat jelas dalam lukisan impresionisme Monet Matahari Terbit yang dipamerkan pada tahun 1874
Impresionisme seni musik mencoba untuk mencip- takan kesan tidak kekal atau suasana sementara. Impresionisme musik menghilangkan beberapa ciri penting harmoni klasik dan romantik dan menjauhi penggunaan bentuk tradisional, seperti sonata dan simfoni. Impresionisme musik dipelopori oleh Claude Debussy, penggubah lagu dari Perancis. Debussy be­reaksi keras terhadap emosionalisme musik romantik dengan gubahan impresionismenya yang pertama pada tahun 1892.
Dalam dunia sastra, penulis impresionis mencoba melahirkan kembali kesan terhadap sesuatu yang di­lihat dan dihayatinya. Kesan tersebut hanyalah sepin­tas, sehingga penggambarannya tidaklah merupakan sesuatu yang rinci.
 

PENGERTIAN IMPRESIONISME | ok-review | 4.5