PENGERTIAN IMPETIGO

By On Sunday, March 30th, 2014 Categories : Kesehatan

PENGERTIAN IMPETIGO – Suatu infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman dari jenis streptokokus atau stafilokokus. Penyakit ini sering terdapat pada anak-anak dan biasa­nya mengenai daerah yang terbuka, khususnya sekitar bibir dan lubang hidung, serta kulit kepala. Isti­lah awamnya korengan. Nama lengkapnya impetigo contagiosa, yang berarti impetigo yang mudah me­nular.
Mula-mula, impetigo berupa lepuh yang mudah pe­cah dan dikelilingi daerah kemerahan. Setelah bebe­rapa jam atau hari, lepuh ini pecah, dan meninggal­kan keropeng berwarna seperti madu. Infeksi kulit ini menyebabkan rasa gatal, sehingga penderita meng­garuknya. Akibatnya, infeksi menyebar ke bagian tu­buh lain. Penyakit ini hanya menyerang lapisan ter­luar kulit. Karena itu, impetigo tidak meninggalkan bekas setelah menyembuh. Bila infeksi ini menem­bus ke lapisan kulit sebelah dalam, penyakit disebut ektima. Bila keropeng ektima ini diangkat, akan tampak ko­reng dangkal yang akan meninggalkan jaringan pa­rut bila sembuh.
Impetigo merupakan kelainan ringan. Namun bila daerah yang diserang terlalu luas, dapat terjadi pem­besaran kelenjar limfe, demam, dan lesu. Impetigo da­pat menyerang wanita hamil, dan biasanya tidak mu­dah disembuhkan. Bila penyebabnya kuman Strepto­coccus beta-hemolyticus, infeksi ini dapat menimbul­kan komplikasi penyakit ginjal akut atau demam reu- matik akut.
Impetigo dapat diobati dengan salep antibiotika. Kebersihan kulit akan mempercepat kesembuhan. Biasanya infeksi ini dapat sembuh dengan cepat. Kadang-kadang diperlukan antibiotika yang diminum.

PENGERTIAN IMPETIGO | ok-review | 4.5