PENGERTIAN IMPEDANS

By On Sunday, March 30th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN IMPEDANS – Suatu istilah yang dikenal dalam be­berapa bidang rekayasa. Impedans adalah ukuran berapa kuat suatu sistem menentang gaya yang ber­fluktuasi. Terdapat berbagai jenis impedans, namun masing-masing didefinisikan sebagai angka banding dua kuantitas yang berubah-ubah secara sinusoidal.
Impedans akustik adalah tekanan suara dibagi de­ngan kecepatan suara yang diakibatkan.
Impedans mekanis adalah gaya bolak-balik yang be­kerja pada suatu sistem dibagi dengan kecepatan yang ditimbulkan. Impedans dalam kelistrikan mempunyai lambang Z dan satuan ohm, dan merupakan resistansi total terhadap mengalirnya arus listrik; resistansi itu mencakup resistansi listrik maupun reaktans.
Impedans listrik didefinisikan sebagai angka ban­ding E/I. Untuk suatu elemen rangkaian, E adalah voltase bolak-balik antara kedua ujung elemen, dan /adalah arus bolak-balik yang ditimbulkan. Elemen rangkaian itu dapat berupa resistor, kapasitor, atau induktor.
Penandingan impedans (impedance matching) di­gunakan bila sebagian rangkaian berimpedans ting­gi, sedangkan bagian lainnya berimpedans rendah. Mi­salnya penguat audio hi-fi mempunyai impedans tinggi sementara pengeras suaranya berimpedans rendah. Maka dapatlah disisipkan suatu transformator ber- teras-besi; impedans kumparan primernya setinggi impedans penguat, sementara impedans kumparan sekundernya serendah impedans pengeras suara. De­ngan cara ini tenaga maksimum dapat ditransfer dari penguat ke pengeras suara.

PENGERTIAN IMPEDANS | ok-review | 4.5