PENGERTIAN IMPALA

By On Sunday, March 30th, 2014 Categories : Kesehatan

PENGERTIAN IMPALA – Suatu kerabat antilop yang berukuran se­dang. Impala jantan bertanduk, sedangkan yang be­tina tidak. Tanduk yang permukaannya berbenjol- benjol ini melengkung ke belakang membentuk gam­baran seperti huruf S. Bulunya yang pendek, padat, dengan kilau berwarna cokelat kemerahan di per­mukaan atas, berubah menjadi cokelat muda pada sisi badan dekat perut, serta keputih-putihan pada per­mukaan tubuh bawah dan bagian dalam anggota tu­buh. Panjang tubuh, tidak termasuk ekor, 1,1 —1,5 meter, sedangkan ekornya 25—40 sentimeter. Tinggi gumbanya0,75— 1 meter. Bobotnya 20—45 kilogram.
Daerah penyebaran impala terbatas di Afrika Te­ngah dan Selatan. Habitatnya stepa. Makanan utama­nya berupa rumput dan dedaunan. Setiap hari, se­kurang-kurangnya hewan ini minum sekali. Impala berkembang biak dengan melahirkan seekor anak se­telah bunting selama enam bulan.
Impala aktif mencari makan pada siang dan ma­lam hari. Hidupnya dalam kelompok yang anggota­nya 6—60 ekor tetapi dapat juga mencapai ratusan ekor. Ada dua jenis kelompok, yaitu kelompok yang terdiri atas sepasang impala dengan anak-anaknya, dan kelompok jantan dewasa. Kelompok besar yang mencapai ratusan ekor terutama dapat ditemukan pada musim kemarau.
Impala mempunyai kebiasaan yang khas, yaitu su­ka melompat-lompat, baik dengan sesamanya ketika bermain maupun jika ada bahaya mengancam. Gerak­an melompatnya tampak ringan dan anggun. Hewan ini mampu melompat setinggi 3 meter, dan sejauh 10 meter. Dengan cara ini, impala menghindarkan diri dari kejaran pemangsanya. Klasifikasi Ilmiah. Impala termasuk suku Bovidae; jenis Aepyceros melampus.

PENGERTIAN IMPALA | ok-review | 4.5