PENGERTIAN IMAJINASI

By On Sunday, March 30th, 2014 Categories : Filsafat, Psikologi, Review

PENGERTIAN IMAJINASI – Proses membentuk bayang-bayang mental tentang objek atau kejadian yang dalam ke­nyataan tidak tampil. Proses ini merupakan kemam­puan menggunakan secara konstruktif—tetapi belum tentu kreatif—pengalaman dan pengamatan lampau, yang dihidupkan sebagai bayang-bayang ideasional. Bayang-bayang ini bukan reproduksi keseluruhan pe­ngalaman yang lalu, tetapi penyusunan baru bahan yang diperoleh dari pengalaman.
Imajinasi dapat dikatakan kreatif apabila timbul sebagai prakarsa dan penyusunan sendiri; dikatakan imitatif apabila mengikuti prakarsa dan penyusunan orang lain atau lebih merupakan rekonstruksi dalam pikiran dari kejadian yang lalu. Perilaku dan tindak­an kreatif menuntut secara mutlak adanya interaksi antara empat unsur, yaitu imajinasi, data (informasi), evaluasi, dan aksi. Dengan kata lain, perilaku kreatif merupakan fungsi imajinasi, data, evaluasi, dan aksi, yang digambarkan dengan rumus: PK = f (I x D x E X A)
Imajinasi merupakan salah satu ciri utama kepri­badian kreatif, yang pada dasarnya ada pada semua kanak-kanak (usia prasekolah) yang sehat. Namun dengan meningkatnya usia anak, tampak kecenderungan menurunnya daya imajinasi, antara lain ka
rena kurang dirangsang dan dikembangkan dalam pendidikan formal yang lebih menitikberatkan pe­ngembangan kecerdasan, kemampuan berpikir logis- kritis, serta penalaran, dan kurang dipentingkannya pengembangan kreativitas.

PENGERTIAN IMAJINASI | ok-review | 4.5