PENGERTIAN ILMU KALAM

By On Sunday, April 6th, 2014 Categories : Agama

PENGERTIAN ILMU KALAM – Salah satu cabang ilmu keagamaan dalam Islam. Ilmu kalam membahas wujud Tuhan, sifat-sifat-Nya, baik wajib, mustahil maupun mumkin, serta membahas rasul Tuhan, sifatnya, wahyu yang di­turunkan kepadanya dan berita yang dibawanya ber­kaitan dengan kehidupan akhirat. Ilmu kalam dikenal juga sebagai ilmu tawhid, ilmu aqaid atau ilmu ushulu ‘l-din.
Ilmu kalam muncul pada jaman Khalifah Abba- siyah, ketika banyak buku filsafat diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Penamaan ilmu kalam disebab­kan (1) karena persoalan penting yang dibicaraan pa­da masa permulaan, yakni masalah al-Quran sebagai kalam Tuhan, azali atau tidak azali, makhluk atau bu­kan makhluk; (2) karena dasar ilmu kalam adalah dalil aqliyah (logika), bukan dalil naqliyah (al-Quran dan Hadis). Dalam hal ini muncul perdebatan ahli ilmu kalam yang disebut para mutakallimun; (3) karena tu­juannya untuk menjelaskan perbedaan dengan filsafat yang juga menggunakan logika dalam pembuktian.
Beberapa aliran keagamaan dalam Islam memberi­kan pembahasan sistematika kepercayaan ilmu kalam yang berbeda. Pembahasan kalangan Sunni berpusat pada Rukun Iman, yaitu iman kepada Allah, iman ke­pada malaikat, iman kepada Kitab yang diwahyukan Allah, iman kepada para rasul Tuhan, iman kepada hari akhirat, dan iman kepada Qadha dan Qadar Tu­han. Pembahasan kalangan Mu’tazilah dan Syiah ber­kisar pada al-Mabadiu ‘l-Khamsah (Prinsip yang Lima), yakni tawhid, al-‘adl (keadilan), wa’ad dan wa’id (janji dan ancaman), al-manzilah bayna ‘1-man- zilatain (tempat di antara dua tempat), dan amar ma’- ruf nahi munkar. Prinsip yang Lima kalangan Syiah adalah tawhid, nubuwwah (kenabian), ma’ad (janji hari akhirat), al-‘adl dan imamah (keimanan).
Dalam Islam dikenal berbagai aliran kalam, seperti Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qadariyah, Mu’tazi­lah, Karamiyah, Syiah dan Ahlu 1-Sunnah wa ‘1-Jama- ‘ah. Aliran Ahlu ‘1-Sunnah wa ‘1-Jama’ah dibagi atas Asy’ariyah dan Maturidiyah. Walaupun aliran terse­but tidak sepenuhnya punah, aliran yang masih berta­han sampai kini adalah Ahlu’l-Sunnah wa’l-Jama’ah yang disebut aliran Sunni, mayoritas umat Islam, dan aliran Syiah.

PENGERTIAN ILMU KALAM | ok-review | 4.5