PENGERTIAN IKTERUS

By On Saturday, March 29th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IKTERUS. Suatu keadaan dengan timbulnya warna kekuningan pada kulit, selaput mata, dan jaringan tu­buh lain, akibat tingginya kadar bilirubin di dalam darah. Selain itu, warna air seni menjadi lebih kuning, bahkan kecokelatan seperti air teh. Pada keadaan nor­mal kadar bilirubin sekitar 1 miligram/100 mililiter. Ikterus mulai tampak bila kadar bilirubin melebihi 2—2,5 miligram/100 mililiter. Pada tahap awal, ik­terus sudah dapat dilihat pada sklera mata.
Bilirubin terutama berasal dari perombakan sel darah merah, yaitu dari pigmen heme. Proses meta­bolisme (konjugasi) bilirubin yang sangat kompleks terjadi di dalam hati. Hasil metabolismenya kemudian dikeluarkan melalui kandung empedu bersama cairan empedu ke dalam usus halus. Bila terjadi kelainan di dalam hati, seperti radang hati (hepatitis), atau ter­sumbatnya saluran empedu oleh batu empedu, bili­rubin akan terserap ke dalam peredaran darah. Aki­batnya, kadar bilirubin darah meningkat dan seluruh tubuh akan berwarna kuning.
Pada keadaan normal, kira-kira 24 jam setelah la­hir, bayi dapat mengalami ikterus. Hal ini disebab­kan oleh proses pengeluaran bilirubin yang belum sem­purna. Biasanya gejala kekuningan ini akan hilang dengan sendirinya setelah seminggu. Bila warna ke­kuningan tampak berlebihan dan timbul sebelum 24 jam setelah bayi lahir, dan kadar bilirubin dalam darah melebihi batas tertentu, bayi perlu segera di­beri pertolongan dan pengobatan. Ikterus yang ber­lebihan pada bayi dapat mengganggu kesehatannya di kemudian hari.

PENGERTIAN IKTERUS | ok-review | 4.5