PENGERTIAN IKRANEGARA

By On Saturday, March 29th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IKRANEGARA. Aktor, sutradara, pemim­pin kelompok serta konseptor teater, dan penulis naskah teater. Ia memimpin Teater Sja yang dibentuk dengan “semangat tempat hadirnya realitas yang teatrikal”.
Melalui teater, Ikrane- gara melakukan eksperi­men dalam menggali ke­mungkinan-kemungkinan jasmani untuk mengekspre­sikan ketelanj angan atau kejujuran rohani. Salah sa­tu hasil terbaik dari eks­perimennya itu adalah la­kon Topeng, yang meme­nangkan hadiah dalam Sa­yembara Penulisan Naskah DKJ pada tahun 1972. Ia menyatakan bahwa teater merupakan semacam lukis­an abstrak atau puisi konkret, dan bahwa semua un­sur teatrikal yang ada tak satu pun mempunyai ke­dudukan dominan. Ikranegara sering menggelarkan berbagai lakonnya di dalam maupun di luar negeri.
Sejak kemenangan Topeng (1972), Ikranegara telah menghasilkan lebih dari 20 naskah teater, di antara­nya Gusti, Para Narator, A Him Pom Pong, Rang Gni, Zaman Kalong, Ritus Topeng, Priiit /, Tok Tok Tok, dan sebagainya. Ia juga menerjemahkan drama asing, antara lain Raja Mati, (Eugene Ionesco), dan Julius Caesar (Shakesperae). Perhatiannya terhadap masalah politik tampak pada naskah Para Narator dan Kaisar vs Brutus.

PENGERTIAN IKRANEGARA | ok-review | 4.5