PENGERTIAN IKLIM MIKRO

By On Saturday, March 29th, 2014 Categories : Ilmu Alam, Review

PENGERTIAN IKLIM MIKRO. Suatu kondisi fisik berupa iklim yang mempengaruhi suatu daerah relatif kecil, seperti areal seluas beberapa meter atau kurang, di atas permukaan atau dalam perut bumi, atau di bawah kanopi pe­pohonan. Kondisi ini mirip iklim geografis, hanya saja skalanya lebih kecil.
Iklim mikro ini sangat kompleks dan bergantung pada beberapa faktor, misalnya suhu, kelembapan, angin, dan cahaya matahari. Sementara itu, faktor- faktor ini dipengaruhi pula oleh jenis tanah, topografi, vegetasi, angin, serta cuaca dan iklim.
Sebagai contoh, suhu di bawah, di atas, atau di per­mukaan setiap jenis tanah berbeda, karena setiap je­nis tanah mempunyai sifat khas terhadap sinar mata­hari, sehingga sifat pemantulan dan penyerapan pa­nas pun berbeda. Selain itu, jenis tanah juga menentu­kan kelembapan dan kebasahan tanah, sebab ada je­nis tanah yang mampu menahan air, tetapi ada juga yang meloloskan air. Tipis tebalnya vegetasi di atas permukaan tanah juga menyebabkan adanya perbeda­an suhu dan kelembapan dalam tanah, karena lapisan vegetasi menghalangi jatuhnya sinar matahari ke ta­nah, dan menahan penguapan air dari tanah.

PENGERTIAN IKLIM MIKRO | ok-review | 4.5