PENGERTIAN IKHTIOLOGI

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Ilmu Alam, Review

PENGERTIAN IKHTIOLOGI. Suatu cabang zoologi yang mempe­lajari ikan. Ilmu ini meliputi anatomi, klasifikasi, eko­logi, etologi, dan fisiologi ikan. Karena ikan merupa­kan salah satu sumber protein yang penting dalam ma­kanan manusia, distribusi dan aspek ekonomi ikan juga merupakan bidang yang banyak dipelajari da­lam ikhtiologi. Istilah ini berasal dari kata Yunani ichthys, yang berarti ikan.
Berbagai aspek biologi ikan sudah diketahui sejak jaman dulu. Ilmuwan yang dianggap berjasa dalam merintis ikhtiologi antara lain Aristoteles (abad ke-4 sebelum Masehi) dan Pierre Belon. Klasifikasi ikan sudah maju sejak akhir abad ke-19. Sejak pertengah­an abad ke-20, perhatian terhadap oseanografi sema­kin besar, teknologi penyelaman semakin maju dan demikian pula penelitian terhadap ikan. Berbagai pe­nemuan teknik dan peralatan modern yang menun­jang pengembangan ikhtiologi, misalnya mikroskop elektron, mikroradio yang dapat ditempatkan dalam badan ikan, perlengkapan skuba, kendaraan bawah laut, fotografi dengan pengontrolan dari jauh, dan tuna yang melakukan migrasi jauh sampai mencapai ribuan kilometer. Pengaruh suhu, oksigen, karbon dioksida, dan faktor lain pada ketahanan hidup dan perilaku ikan juga dipelajari.
Dewasa ini dikenal sekitar 20.000 jenis ikan, yang meliputi sekitar 40 persen dari semua vertebrata hi­dup. Lingkungan alami ikan, yaitu daerah perairan, meliputi lebih dari 70 persen permukaan bumi. Di antara berbagai vertebrata, ikan mempunyai penye­baran vertikal yang paling luas, yaitu hampir 16 kilo­meter, mulai dari lereng gunung sampai ke dasar lau­tan.

PENGERTIAN IKHTIOLOGI | ok-review | 4.5