PENGERTIAN IKATAN SPORT SEPEDA INDONESIA

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IKATAN SPORT SEPEDA INDONESIA. Disingkat ISSI, merupakan organisasi nasional balap sepeda di Indonesia. ISSI dilahirkan di Semarang, Jawa Tengah, 20 Mei 1956, setelah perwakilan perkumpulan balap sepeda di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi Utara menyelenggarakan sidang maraton selama empat hari berturut-turut.
ISSI berasaskan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan amatirisme. Bendera ISSI berwarna kuning emas; di tengah bendera terdapat lambang ISSI berbentuk lonjong dengan gambar atlet balap sepeda. Gambar itu dilingkari bunga padi berwarna kuning emas di sebelah kiri dan bunga kapas berwarna putih di kanan. Bunga padi dan bunga kapas dipersatukan dengan ikatan pita merah. Tangkai bunga padi 4 dan tangkai kapas 5.
Di tingkat nasional ISSI adalah anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di tingkat Asia tergabung dalam Federasi Sepeda Asia (ACF) dan di tingkat internasional bernaung di bawah Uni Balap Sepeda International (UCI), induk organisasi inter­nasional balap.
Jauh sebelum Perang Dunia II, balap sepeda di Indonesia bercorak profesional. Para pembalap, di antaranya bangsa Indonesia sendiri, berlomba dengan sepeda balap milik sponsor, misalnya merk Tropikal, Triumph dan lain-lain. Balap sepeda di Indonesia ber­henti pada jaman pendudukan Jepang. Minat balap sepeda muncul kembali setelah nomor balap sepeda dicantumkan sebagai perlombaan resmi Pekan Olah­raga Nasional II di Jakarta, 1951. Kejuaraan Nasio­nal balap sepeda pertama diselenggarakan di Sema­rang, Jawa tengah, 1956.
Pembalap sepeda menggunakan jenis sepeda khu­sus untuk perlombaan. Umumnya pembalap memakai sepeda untuk satu orang. Namun ada juga yang me­makai sepeda untuk dua pembalap, tandem. Bahkan ada juga untuk tiga orang, tricycle. Di Indonesia, yang dikenal luas jenis sepeda balap khusus untuk seorane.

PENGERTIAN IKATAN SPORT SEPEDA INDONESIA | ok-review | 4.5