PENGERTIAN IKATAN PENERBIT INDONESIA

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN IKATAN PENERBIT INDONESIA. Disingkat Ikapi, dibentuk pada tanggal 17 Mei 1950 oleh 13 penerbit buku di Jakarta untuk menghimpun penerbit swasta dalam satu wadah yang bertujuan mengembangkan peranan buku dalam masyarakat. Organisasi ini juga bertujuan meningkatkan mutu dan jumlah penerbit­an buku. Anggotanya terutama penerbit buku swasta nasional yang pernah menerbitkan sedikitnya lima ju­dul buku setebal, masing-masing, minimal 48 halam­an. Perusahaan negara yang bergerak dalam bidang perbukuan dapat menjadi anggota luar biasa. Ikapi pernah mempunyai anggota sampai sebanyak 560 pe­nerbit buku— jumlah tertinggi yang pernah dicapai— menjelang akhir pemerintahan Orde Lama. Tetapi se­telah terjadi peristiwa Gerakan 30 September 1965, jumlah anggotanya merosot drastis sehingga tinggal 78 penerbit pada tahun 1973. Pada tahun 1986, jum­lah anggota Ikapi naik kembali menjadi 255 penerbit.
Ikapi sejak tahun 1968 menjadi anggota Internatio­nal Publishers Association (IPA), Perhimpunan Pe­nerbit Buku Internasional, yang berpusat di Jenewa, Swis. Pada tahun 1976 Ikapi ikut mendirikan Asso­ciation of South East Asian Publishers (ASEAP), Per­himpunan Penerbit Buku Asia Tenggara, bersama- sama para penerbit dari Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Kegiatan Ikapi antara lain menyelenggarakan Pa­meran Buku Nasional, yang sejak tahun 1977 dapat diadakan secara teratur setiap tahun di Jakarta. Se­jak tahun 1982, nama pameran berganti dengan Indo­nesian International Book Fair (IIBF), Pekan Buku Internasional Indonesia. Pameran buku dalam skala lebih kecil dari waktu ke waktu juga diadakan di daerah oleh cabang-cabangnya, atau bahkan di luar negeri.
Pameran buku yang luas seperti yang diadakan oleh Ikapi Pusat di Jakarta sudah dirintis oleh Persatuan Toko Buku Indonesia (PTBI) pada tahun 1958 dengan nama Gelanggang Buku Indonesia. Nama PTBI, yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1955, hilang ketika ba­dan itu berdasarkan suatu peraturan pemerintah di­lebur ke dalam OPS (Organisasi Perusahaan Sejenis) Eceran pada akhir tahun 1950-an.

PENGERTIAN IKATAN PENERBIT INDONESIA | ok-review | 4.5