PENGERTIAN IKATAN PENDUKUNG KEMERDEKAAN INDO­NESIA

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN IKATAN PENDUKUNG KEMERDEKAAN INDO­NESIA. Disingkat IPKI, salah satu partai politik Indo­nesia yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1954. Tang­gal itu dipilih karena merupakan Hari Kebangkitan Nasional. IPKI didirikan berdasarkan Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Undang-undang Dasar 1945, dan berasaskan ideologi Pancasila. IPKI bertujuan mem­pertahankan dan membina negara kesatuan Republik Indonesia dan mewujudkan masyarakat Pancasila.
Sesuai dengan asasnya, IPKI menyatakan dirinya sebagai partai pendobrak dan penerobos segala pe­nyelewengan dan kemacetan yang menghalangi ter­capainya tujuan dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. IPKI juga mempunyai lambang, yaitu Tugu Proklamasi dengan perisai Pancasila di dalamnya, yang dilingkari oleh sebulir padi di sebelah kanan dan serangkai kapas di sebelah kiri.
Dalam rangka mencapai cita-citanya itu, IPKI ber­usaha membimbing rakyat Indonesia untuk meyakini arti Pancasila dan menanamkan semangat jiwa Pro­klamasi 17 Agustus 1945 dan Undang-undang Dasar 1945 untuk diamalkan dan diteruskan kepada gene­rasi yang akan datang. Dalam rangka mengembang­kan demokrasi, IPKI juga berusaha melaksanakan demokrasi yang berdasarkan Pancasila, baik di da­lam maupun di luar lembaga-lembaga negara. Semen­tara itu, dalam rangka mencari dukungan rakyat, IPKI mengadakan kerja sama dengan segenap golongan da­lam masyarakat dan berusaha membina pengintegrasi- an rakyat dengan pemerintah demi terwujudnya ma­syarakat Pancasila.
Dalam pemilihan umum 1971, IPKI ikut menjadi kontestan, dan mendapatkan satu kursi di DPR. Se­suai dengan program penyederhanaan kepartaian, pa­da tahun 1973 IPKI bersama-sama dengan partai PNI, Parkindo, Partai Katolik, dan Murba, berfusi men­jadi Partai Demokrasi Indonesia, disingkat PDI.

PENGERTIAN IKATAN PENDUKUNG KEMERDEKAAN INDO­NESIA | ok-review | 4.5