PENGERTIAN IKATAN DOKTER INDONESIA

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IKATAN DOKTER INDONESIA. Disingkat IDI, me­rupakan organisasi profesi dokter di Indonesia. IDI lahir pada tanggal 24 Oktober 1950. Namun sebenar­nya perhimpunan dokter di Indonesia telah dirintis se­jak tahun 1911, yaitu dengan bergabungnya para dok­ter dalam Vereeniging van Inlandsche Artsen, yang kemudian berubah nama menjadi Vereeniging van Indonesische Geneeskundigen. Pada jaman penjajah­an Jepang, nama perhimpunan ini diganti lagi men­jadi Izi Hookookai. Setelah Indonesia merdeka, na­ma perhimpunan itu diubah lagi menjadi Persatuan Thabib Indonesia atau Perthabin. Sementara itu, para dokter muda mendirikan Perkumpulan Dokter Indo­nesia (PDI).
Pada tanggal 30 Juli 1950, Perthabin dan PDI ber­sama-sama membentuk Panitia Penyelenggara Muk­tamar Dokter Warga Negara Indonesia (PMDWNI). Dalam muktamar tanggal 22-25 September 1950 itu lahirlah IDI, yang kemudian dikukuhkan di hadapan notaris pada tanggal 24 Oktober 1950. Walaupun ti­dak semua dokter di Indonesia dengan sendirinya menjadi anggota IDI, kini praktis semua menjadi anggota IDI.
Dewasa ini IDI juga membina hubungan kerja sa­ma dengan para dokter di tingkat regional dan inter­nasional. IDI telah menjadi anggota World Medical Association (WMA, Ikatan Dokter Seluruh Dunia), maupun Confederation of Medical Association in Asia and Oceania (CMAAO) dan Medical Association of South East Asian Nations (MASEAN).
Pemimpin IDI yang pertama adalah Dr. Sarwono Prawirohardjo (1950-1951). Untuk masa bakti 1988- 1991, dr. Azrul Azwar menjadi ketua IDI mengganti­kan dr. Kaitono Mohammad. Muktamar IDI ke XVII di Manado pada tahun 1982 mempunyai arti penting, karena antara lain menghasilkan rencana induk pe­ngembangan jangka panjang IDI dalam dasawarsa 1982-1992.
Dokter spesialis membentuk perhimpunan atau per­kumpulan tersendiri sesuai dengan jenis spesialisasinya di bawah naungan IDI, sedangkan dokter gigi terhim­pun dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Untuk membina dan meningkatkan profesionalisme pelayanan kesehatan di Indonesia, IDI menyelenggara­kan seminar-seminar atau pertemuan ilmiah kesehat­an, dalam bentuk pendidikan kedokteran berkelanjut­an, baik di dalam lingkungan organisasi sendiri mau­pun dalam kerja sama dengan Departemen Kesehatan atau organisasi profesi lainnya. Program-program lain yang diselenggarakan berupa pengabdian kepada ma­syarakat, dan kegiatan-kegiatan nonprofesi lain seperti olahraga, kesenian, dan dakwah keagamaan.
 

PENGERTIAN IKATAN DOKTER INDONESIA | ok-review | 4.5