PENGERTIAN IKATAN AHLI FISIKA BANGUNAN INDONESIA

By On Friday, March 28th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN IKATAN AHLI FISIKA BANGUNAN INDONESIA. Suatu organisasi profesi para ahli fisika yang ter­utama mengkhususkan diri dalam hal kenyamanan dalam bangunan, baik termal (AC) maupun audio­visual. IAFBI didirikan di Bandung pada tanggal 22 Juni 1975 oleh sekitar 20 alumni ITB Jurusan Fisika Teknik. Faktor-faktor fisika yang mempengaruhi ke­nyamanan bangunan secara keseluruhan disebut fisika bangunan. Bidang ini dirintis penelitiannya oleh al­marhum Prof. Ir. M.U. Adhiwiyogo selama ia men­jabat Ketua Jurusan Fisika Teknik ITB. IAFBI me­rupakan hasil kelanjutan usaha tersebut. Untuk pe­riode 1987-1989, IAFBI diketuai oleh Prof.Ir. Iskan- dar Danusugondo.
Tujuan utama IAFBI adalah mewakili ahli-ahli fisika bangunan di Indonesia untuk memelihara rasa tanggung jawab dalam menjalankan profesinya, mem­perhatikan dan melindungi kewajiban serta hak-hak para ahli fisika bangunan, serta membina hubungan baik dengan lembaga-lembaga lain dalam usaha me­ngembangkan dan mempertinggi nilai-nilai keahlian fisika bangunan.
Secara organisatoris, IAFBI bernaung di bawah DTPI (Dewan Teknik Pembangunan Indonesia) dan menjadi anggota Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Keanggotaan IAFBI terbuka bagi perorangan yang diakui profesinya dalam bidang fisika bangunan atau yang sejenis. Bagi para remaja
yang pernah mem­pelajari profesi tersebut disediakan keanggotaan remaja.

PENGERTIAN IKATAN AHLI FISIKA BANGUNAN INDONESIA | ok-review | 4.5