PENGERTIAN HUBUNGAN INDUSTRI

By On Thursday, December 19th, 2013 Categories : Ekonomi

INDUSTRIAL RELATIONS / HUBUNGAN INDUSTRI adalah hubungan antara pengusaha mengenai hubungan pekerja-manajer sehari-hari dan lembaga prosedur serta lembaga yang lebih formal di mana kedua kelompok ini menentukan UPAH (PAY) dan kondisi kerja. TAWAR MENAWAR KOLEKTIF (COLLECTIVE BARGAINING) adalah alat utama yang digunakan untuk menentukan upah dan kondisi kerja, dan apabila para pengusaha dan pekerja tidak dapat menyelesaikan masalah melalui negosiasi, yaitu PERSELISIHAN INDUSTRI (INDUSTIAL DISPUTES), PEMOGOKAN (STRIKES) dan PENGUNCIAN (LOCK-OUTS) dapat dipergunakan, kecuali kedua pihak dapat mencari alternatif lain untuk,menyelesaikan perselisihannya, seperti tindakan PERDAMAIAN (CONCIUATION) PENENGAH (ME-DIATION) dan ARBITRASI (ARBTTRATION) .
Kenyataan umum mengenai hubungan antara manajer dengan para pekerjanya, yang sering diwakili oleh SERIKAT BURUH (TRADE UNION), dapat memberikan implikasi yang berarti untuk keefektifan dan daya saing organisasi dan kesehatan umum perekonomian. Hubungan industri yang buruk dapat mengarah pada ketidakefisienan pemakaian sumber daya manusia dengan lemahnya fleksibilitas tenaga keija dan PRAKTEK-PRAKTEK TENAGA KERJA YANG TERBATAS (RESTRICTIVE LABOUR PRACTICES) (penggunaan pekeija secara berlebihan, larangan demokrasi) yang mengakibatkan penurunan PRODUKTIMTAS (PRODUCTIVITY). Sebagai tambahan, pemogokan yang melibatkan hilangnya hari-hari keija dapat mengganggu produksi dan menyebabkan output yang lebih rendah. Konflik potensial antara majikan dan pekeija mengenai upah dan kondisi kerja adalah bagian dari “permainan tarik tambang” yang terus menerus atas bagian dari PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) yang mengalir ke MODAL (CAPITAL) dan TENAGA KERJA (LABOUR).
Karena pentingnya hubungan industri yang baik dalam meningkatkan perekonomian, pemerintah telah berusaha untuk membantu perjanjian keijasama antara pengusaha dan tenaga kerja melalui, sebagai contoh, RENCANA PEMILIKAN SAHAM BAGI PEKERJA (EMPLOYEE SHARE OWNERSHIP PLANS) dan PARTISIPASI PADA PEKERJA (WORKER PARTICIPATION).

PENGERTIAN HUBUNGAN INDUSTRI | ok-review | 4.5