PENGERTIAN GOLD / EMAS

By On Saturday, December 14th, 2013 Categories : Ekonomi

GOLD / EMAS adalah suatu ASET (ASSET) keuangan yang dipegang oleh negara sebagai bagian dari CADANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL RESERVES) dan digunakan untuk membiayai NERACA PEMBAYARAN (BALANCE OF PAYMENTS) yang defisit.
Pada mulanya banyak negara melakukan sistem STANDAR EMAS (GOLD STANDARD) , di mana emas digunakan sebagai dasar dalam penyediaan uang dalam negeri, sekaligus digunakan untuk membiayai pembayaran defisit. Secara bertahap, sistem standar emas murni digantikan uang kertas dan uang logam, dan secara internasional standar nilai tukar emas telah memakai mata uang asing seperti sterling dan dollar bersama-sama dengan emas sebagai aset cadangan.
Pada tahun 1935 harga emas adalah ‘tetap’ sebesar $35 per ons yang disepakati oleh Amerika Serikat, Inggris dan Perancis sebagai bagian dari paket kesepakatan di antara ketiga negara tersebut. Tingkat harga ini kemudian diadopsi secara resmi oleh negara-negara anggota yang bergabung dalam INTERNATIONAL MONETARY FUND (IMF) pada tahun 1947; emas digunakan IMF sebagai ukuran sistem nilai tukar tetap dalam menilai mata uang dari negara-negara anggota dan anggota diharuskan untuk membayar seperempat dari iurannya dalam bentuk emas. Pemakaian emas berlanjut dan digunakan sebagai pengikat dalam sistem IMF dan harga tetap pada $35 per ons sampai pada tahun 1971 ketika sistem nilai tukar tetap diganti dengan sistem nilai tukar mengambang. Banyak negara yang ternyata sangat sulit untuk mempertahankan tingkat harga emas sebesar $35 per ons dengan meningkatnya secara berkelanjutan permintaan dunia terhadap emas oleh industri logam dan untuk tujuan perhiasan. Pada tahun 1961 suatu penyatuan emas dilakukan untuk mengatur transaksi di bidang logam, tetapi pada tahun 1968 anggota IMF terpaksa tunduk pada keadaan yang tidak bisa dielakkan, yaitu diberlakukannya dua jenis harga emas: emas tetap seharga $35 per ons untuk transaksi ‘resmi’ antara bank sentral suatu negara dengan IMF, sementara di pasar ‘bebas harga emas dilepas dan ditentukan oleh kekuatan pasar. Pada tahun 1972, emas tidak lagi dipakai oleh IMF dan digantikan dengan SPECIAL DRAWING RIGHT unit; emas yang ada di tangan IMF dijual habis dan anggota disyaratkan untuk membayar iuran mereka dalam bentuk bukan emas. Di luar IMF, status emas tetap sebagai suatu komponen yang penting dari cadangan internasional, keunggulan emas sebagai aset cadangan didukung dengan fakta bahwa emas mempunyai nilai sebagai komoditi yang berkaitan dengan industri logam dan sebagai barang perhiasan. Namun demikian emas tidak menghasilkan bunga dibandingkan dengan aset-aset lain seperti SAHAM (SHARES/STOCKS).

PENGERTIAN GOLD / EMAS | ok-review | 4.5