PENGERTIAN GAYA EMPIRE

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Review

Suatu tingkat gaya neoklasik yang mendominasi arsitektur dan seni dekorasi pada akhir abad ke-18 sampai awal abad ke-19. Gaya Empire me­nampung gagasan Napoleon I, yang mengagungkan; diri dan negaranya di atas Romawi kuno. Gaya ini ju­ga mencerminkan minat kontemporer dalam arkeologi Mesir, Yunani, dan Romawi.

Dua arsitek Perancis, Charles Percier dan Pierre Francois Fontaine, dengan dukungan Napoleon me­laksanakan program yang ambisius untuk membangun
dan merenovasi neoklasik. Program itu menggunakan sejumlah besar perabot dan dekorasi yang megah- megah. Gaya ini mengilhami banyak variasi di negara- negara lain seperti gaya Regency di Inggris, Federal di Amerika, dan Biedermeier di Jerman.
Sumber utama gaya Empire adalah Recueil de de­coration interieures (1812) dari Percier dan Fontaine, dan lukisan-lukisan Mesir karya Dominique Vivant Denon, yang menyertai Napoleon ke Mesir. Benda- benda bergaya Empire umumnya dibuat dari kayu ma­honi, termasuk untuk tempat tidur, meja berkaki ti­ga, in kursi tiruan klismos Yunani, yang berlengkung rangkap, atau bentuk-bentuk Romawi yang menye­rupai singgasana. Bentuk-bentuk ini biasanya mem­punyai lengan dan kaki yang ujungnya menyerupai kaki angsa, singa, atau kambing, dan dihias motif purba seperti sphinx di atas dasar kuningan; dengan hiasan lebah, mahkota, atau “N'” (lambang Napo­leon). Motif-motif tersebut juga muncul dalam teks­til, dan kerajinan lainnya.

PENGERTIAN GAYA EMPIRE | ok-review | 4.5