PENGERTIAN FRANCHISING

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

Atau sistem franchise, suatu ben­tuk kerja sama manufaktur atau penjualan, antara pe­milik franchise dan pembeli franchise atas dasar kon­trak dan pembayaran royalty. Kerja sama itu meliputi pemberian lisensi atau hak pakai oleh pemegang fran­chise yang memiliki nama atau merek, gagasan, pro­ses, formula, atau alat khusus ciptaannya kepada pi­hak pembeli franchise disertai dukungan teknis dalam bentuk manajemen, pelatihan, promosi, dan sebagai­nya. Untuk itu pembeli franchise membayar hak pa­kai tersebut disertai royalty, yang pada umumnya me­rupakan persentase dari jumlah penjualan.
Sejarah Franchising menunjukkan bahwa sistem itu sudah dikenal sejak lebih dari 100 tahun yang lalu di Amerika Serikat. Pelopor sistem ini adalah industri mesin jahit (Singer), mobil, minuman ringan (Coca- Cola), dan industri makanan. Sistem penjualan me­lalui franchise di Amerika telah memberikan kesem­patan usaha bagi ratusan ribu pengusaha kecil dan membuka kesempatan kerja yang tak terhitung ba­nyaknya.
Di Indonesia, sistem franchise juga dipelopori oleh perusahaan-perusahaan multinasional seperti Sepatu Bata, Coca-Cola, dan sebagainya. Tetapi dewasa ini sistem kerja sama usaha tersebut juga digunakan oleh pengusaha-pengusaha nasional dan sudah meluas ke berbagai bidang industri, seperti industri elektronika, toko eceran, rumah makan, kursus keterampilan, dan sebagainya.
Macam-macam Bentuk Franchise dikenal di Indo­nesia, antara lain: (tf) sistem franchise dalam distri­busi yang banyak ditemui dalam industri-industri mo­bil, elektronika, mesin-mesin kantor, fotografi dan se­bagainya; {b) sistem franchise dalam manufaktur yang dikenal juga dengan sistem lisensi; (c) franchise di bi­dang toko eceran atau pasar swalayan yang belum la­ma dikenal di Indonesia. Hingga tahun 1988, sistem kerja sama semacam ini baru dipraktikkan satu-satu­nya oleh Circle K, yang hak franchisenya dibeli oleh sebuah kelompok perusahaan di Jakarta; (d) sistem kerja sama franchise dalam bidang jasa yang ditemui dalam kegiatan perbengkelan motor dan mobil, beng­kel reparasi elektronik, serta kursus-kursus keteram­pilan.

PENGERTIAN FRANCHISING | ok-review | 4.5