PENGERTIAN FOTOMETER

By On Tuesday, March 18th, 2014 Categories : Review

Suatu alat untuk mengukur kuanti­tas cahaya, baik yang dipancarkan langsung dari suatu sumber cahaya, cahaya pantulan, maupun cahaya te­rusan lewat contoh. Awam sering mengartikan foto- meter sebagai hanya salah satu sel fotolistrik, pada­hal fotometer lebih luas daripada sekadar detektor.
Ditilik dari detektor terdapat fotometer visual dan fotometer instrumental. Pada fotometer visual mata pengamat membandingkan dua medan luminans. Pa­da fotometer instrumental sebagai detektor tidak lagi digunakan mata manusia melainkan salah satu sen­sor cahaya, misalnya tabung emisif, sel fotovoltaik atau fotokonduktif, peranti semikonduktor, peranti termal, atau detektor pirolistrik.
Detektor ini dapat mengukur intensitas cahaya se­cara langsung, sedangkan mata hanya dapat menya­takan dua kecerlangan itu sama apabila cahaya itu sa­ma warnanya. Sebaliknya mata manusia peka untuk memperbedakan warna, sedangkan detektor tidak. Oleh karena itu data yang diperoleh fotometer visual dapat berbeda dibandingkan data yang diperoleh fo­tometer instrumental.
 

PENGERTIAN FOTOMETER | ok-review | 4.5