PENGERTIAN FOTOGRAMETRI

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

Adalah penerapan fotografi da­lam pembuatan peta. Fotografi itu berupa pemotretan udara yang dibidik secara praktis vertikal. Rincian pe­ta yang diperhatikan antara lain garis-garis kontur. Sebagai ganti melakukan banyak pemotretan yang ma­hal, dalam fotogrametri pemotretan dilakukan se­cukupnya tetapi dilakukan dengan sangat cermaL
Dalam praktik digunakan pesawat yang diterbang­kan sepanjang jalur-jalur penerbangan dengan pena­taan sedemikian sehingga jalur-jalur potret itu saling berimpit sejauh kira-kira 10 persen. Kamera di dalam pesawat itu sendiri diatur sedemikian sehingga potret- potret dalam satu jalur saling berimpit sejauh 60 per­sen. Tumpang tindih setiap dua potret berdampingan disebut pasangan stereo. Dengan salah satu alat peng- alur, dibuat peta dari pasangan-pasangan stereo yang berturutan.
Dikenal banyak macam alat pengalur. Semuanya bekerja berdasarkan tiga unsur utama: (1) suatu sis­tem proyeksi yang memproyeksikan potret secara ste- reoskopis; (2) suatu sistem pandang yang menyajikan suatu model miniatur tiga-dimensi dari daerah yang dipetakan; dan (3) suatu sistem pengukur yang me­netapkan jarak horizontal dan vertikal dari model itu.
Objek-objek pada permukaan tanah yang dapat di­identifikasi pada potret dimanfaatkan sebagai titik kontrol foto. Biasanya yang digunakan dalam mem­proyeksikan potret adalah film positif tembus pan­dang.

PENGERTIAN FOTOGRAMETRI | ok-review | 4.5