PENGERTIAN FOTO FINISH

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

Mengabadikan saat terakhir seorang olahragawan melintasi garis finish. Ide untuk mem­buat foto finish timbul ketika, pada beberapa peristi­wa, mata manusia tidak cukup mampu untuk meli­hat siapa sang juara sebuah pertandingan. Hal ini da­pat terjadi bila dua atau lebih olahragawan memasuki garis finish pada saat yang hampir bersamaan dengan perbedaan waktu yang sangat tipis. Perbedaan antara atlet yang satu dan yang lain mungkin hanya pada ayunan tangan yang lebih maju atau bidang dada yang lebih menjorok ke depan. Perbedaan ini tak mung­kin ditangkap mata tetapi terekam lensa elektronik.
Agar foto finish mencapai akurasi tinggi, dipasang beberapa alat foto yang mengambil gambar beruntun secara otomatis. Dengan cara ini, dapat ditangkap gambar pada detik-detik penting yang gampang ter­lewatkan mata.
Foto finish biasa digunakan pada cabang atletik lari jarak pendek atau cabang olahraga seperti balap mo­bil, sepeda, dan kuda. Hasil cetakan foto finish men­jadi penentu siapa sang juara bila wasit mengalami kebimbangan.
Foto finish yang pertama dipasang dan digunakan di Indonesia adalah pada Stadion Utama Senayan, dan sudah digunakan pada Asian Games IV tahun 1962.

PENGERTIAN FOTO FINISH | ok-review | 4.5