PENGERTIAN FOSFORUS

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN FOSFORIT
Suatu mineral yang tidak larut dalam air, dan terdapat dalam batuan fosfat. Rumus kimia­nya Ca3(P04)2. Gumpalan fosforit juga terdapat pa­da dasar samudera dan cukup mudah penambangan­nya.
 
PENGERTIAN FOSFORUS
Atau fosfor, suatu unsur kimia non- logam dengan nomor atom 15, massa atom relatif 30,9738, dan lambang P. Bentuk bebasnya yang pa­ling terkenal adalah fosforus putih yang mirip lilin ku­ning, dan meleleh pada 44,1°C serta mendidih pada 280°C. Bentuk putih ini tampak membara dalam ge­lap, karena reaksi oksidasi. Karena mudah terbakar, bentuk putih ini disimpan dan diangkut dalam air. Di samping bentuk putih yang bersifat racun ini, fosfo­rus dikenal mempunyai beberapa bentuk (<alotrop) lain; di antaranya adalah fosforus merah berupa bu­buk merah kecokelatan yang diperoleh dengan mema­naskan fosforus putih sampai suhu tinggi (250°C) atau menyingkapnya kepada cahaya matahari. Fosforus merah tak terbakar semudah alotrop putih, tak ber­sifat racun, dan tak berfosforesens. Namun zat ini ha­rus diwaspadai, karena pada suhu tertentu dapat ber­ubah menjadi alotrop putih. Kemudian ada fosforus hitam (ungu) yang mirip grafit. Fosforus ini dapat di­buat dengan memanasi alotrop putih pada tekanan tinggi.
Sumber terpenting fosforus adalah batuan fosfat, yang terdiri at^.s apatit (trikalsium fosfat tak murni) bercampur dengan lempung dan unsur-unsur lain.
Fosforus diperlukan untuk pertumbuhan manusia, hewan, dan tumbuhan, biasanya dalam bentuk ester atau garam fosfat. Fosforus (yang merah) digunakan dalam pembuatan korek api, pestisida, dan bom asap. Asam fosfat merupakan zat kimia dasar yang digu­nakan dalam obat, pakan hewan, dan pupuk. Senya­wa fosforus lain digunakan dalam pembuatan baja, porselen, dan bubuk kue.
Fosforus ditemukan oleh Hennig Brand, alkimia- wan Jerman, pada tahun 1669. Dalam astronomi ku­no, nama fosforus diberikan oleh orang Romawi dan Yunani kepada Venus sebagai bintang pagi. Venus ju ga disebut Lusifer. Sebagai bintang senja, Venus di­kenal juga dengan nama Hesperus dan Vesper.

PENGERTIAN FOSFORUS | ok-review | 4.5