PENGERTIAN FORUM PASIFIK SELATAN

By On Sunday, March 16th, 2014 Categories : Review

Atau South Pacific Forum (SPF), organisasi negara-negara Pasifik Sela­tan yang didirikan pada bulan September 1970 di Suva. Anggotanya semua negara di Kepulauan Pasi- 1 k, Australia, dan Selandia Baru. Pembentukan SPF Dilatarbelakangi oleh serangkaian tuntutan bangsa- bangsa Pasifik Selatan akan perubahan-perubahan struktural dalam South Pacific Commission (SPC). SPC adalah lembaga kolonial yang fungsional tetapi tidak mempunyai kekuasaan politik, yang anggota­nya terdiri atas pemerintah-pemerintah di kawasan ini ditambah Australia, Selandia Baru, Belanda, Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat. Ciri SPF yang pa­ling menonjol adalah sifatnya yang informal. Orga­nisasi ini tidak mempunyai anggaran dasar dan meng­atur dirinya sendiri. SPF diakui sebagai organisasi yang telah berhasil memecahkan persoalan-persoalan rumit yang dihadapi oleh negara-negara di kawasan ini dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial.
Sampai dengan tahun 1985, SPF telah menyeleng­garakan pertemuan sebanyak 16 kali, di antaranya yang terakhir dilangsungkan di Raratonga pada ta­hun 1985. Ada dua masalah politik yang mendomi­nasi setiap pertemuan SPF, yaitu masalah uji coba nu­klir dan masalah dekolonisasi. Pada pertemuan di Ra­ratonga itu, SPF menelurkan kesepakatan perjanjian tentang Kawasan Bebas Nuklir Pasifik Selatan. Per­janjian mulai berlaku tahun 1987. Sehubungan dengan masalah dekolonisasi, pada tahun 1986 SPF menca­pai persetujuan untuk mengupayakan pendaftaran kembali Kaledonia Baru sebagai wilayah tanpa peme­rintahan sendiri {non-self governing territory) dan menggunakan pengaruhnya dalam berbagai kegiatan internasional untuk tercapainya tujuan itu. Masalah ini pada akhirnya dimasukkan ke dalam sebuah reso­lusi PBB pada bulan Desember 1986, dengan dukung­an 28 negara.
Pengambil keputusan tertinggi pada SPF adalah si­dang kepala-kepala pemerintahan Pasifik Selatan. Na­mun sidang ini dibantu oleh suatu badan penelitian yang dinamakan Biro Pasifik Selatan untuk Kerja sa­ma Ekonomi (South Pacific Economic Committee— SPEC) yang dibentuk pada tahun 1972. Pada tahun 1976, para pemimpin SPF menyatakan setuju untuk memperluas tugas SPEC, dengan memberikan wewe­nang untuk berfungsi sebagai sekretariat bagi pertemuan-pertemuan SPF. Pada tahun-tahun selan­jutnya, kewenangan SPEC semakin diperluas hingga melingkupi tiga fungsi utama: pertama, sebagai sekre­tariat; kedua, mengadakan tindak lanjut keputusan- keputusan politik SPF; dan ketiga, sebagai pelaksa­na keputusan-keputusan SPF tentang pembangunan ekonomi regional Pasifik Selatan. Walaupun demi­kian, Direktur SPEC mempunyai kewajiban tetap un­tuk memberikan secara langsung kepada para pemim­pin SPF laporan tentang berbagai langkah yang di­ambil untuk melaksanakan keputusan-keputusan SPF. Dalam kaitan ini, SPEC berada langsung di bawah SPF.

PENGERTIAN FORUM PASIFIK SELATAN | ok-review | 4.5