PENGERTIAN FORTRAN

By On Monday, March 17th, 2014 Categories : Review

Atau FORmula TRANslation, merupa­kan suatu bahasa komputer yang diciptakan pada per­tengahan tahun 1950 oleh sekelompok ahli pada per­usahaan IBM bersama-sama beberapa pemakai kom­puter IBM. Bahasa ini merupakan bahasa pemrogram­an tingkat tinggi pertama yang digunakan secara me­luas oleh masyarakat. Sebagian besar komputer ya’ng digunakan oleh masyarakat, dari jenis mikrokompu­ter sampai komputer besar, dapat menggunakan ba­hasa Fortran. Revisi terhadap bahasa ini telah dila­kukan berkali-kali sehingga muncul bahasa Fortran standar yang mendapat persetujuan ANSI (.American National Standard Institute). Bahasa Fortran menjadi bahasa pemrograman pertama yang memiliki standar- disasi.
Secara khusus bahasa Fortran dirancang untuk me­mecahkan persoalan dalam bidang matematika, sains, dan rekayasa. Penerapan seperti ini umumnya kurang banyak melakukan proses masukan-keluaran seperti pada aplikasi bisnis, akan tetapi data harus diproses dengan menggunakan operasi logik dan matematis yang rumit.
Program dalam bahasa Fortran terdiri atas rang­kaian pernyataan. Pernyataan ini dapat berisi perintah masukan-keluaran, perintah pengendali, perintah penghitungan/perbandingan logik/matematis serta be­berapa instruksi dasar lainnya.
Perintah Masukan-Keluaran memerlukan spesifi­kasi format tertentu untuk pembacaan atau penulisan data. Format tersebut dispesifikasikan dalam per­nyataan FORMAT.

PENGERTIAN FORTRAN | ok-review | 4.5