PENGERTIAN FORMIKA

By On Sunday, March 16th, 2014 Categories : Review

Nama dagang untuk plastik keras-panas (thermosetting) yang dilaminasi. Formika dibikin de­ngan menjenuhi sejumlah lapisan bahan pengisi de­ngan resin. Lapisan-lapisan itu kemudian ditekan bersama-sama agar menyatu pada tekanan dan suhu yang terkendali sehingga diperoleh suatu lembaran tunggal.
Untuk formika hias digunakan kertas sebagai ba­han pengisi. Formika hias setebal 1,6 milimeter dibuat dari tujuh lapis kertas kraft berat yang dibasahi de­ngan resin fenolik. Untuk bagian atas digunakan ker­tas pola tak tembus cahaya yang dibasahi resin me­lamin. Permukaan paling atas adalah kertas alfa- ^elulosa yang juga dibasahi dengan resin melamin. Se- uruh lapisan ini kemudian ditekan dengan bagian pola nenempel pada lempeng baja yang terpoles licin, se­hingga diperoleh formika dengan muka pola yang benar-benar rata.
Dalam rumah tangga formika banyak digunakan sebagai lapisan teratas (terluar) pada daun meja, bang­ku, perabot dapur, rak, panil dinding, dan semacam itu, karena indah, rata dan menolak air serta tahan panas. Untuk keperluan industri dapat digunakan re­sin keras-panas lain seperti epoksi dan silikon. Seba­gai bahan pengisi dapat digunakan linen, serat kaca, dan kanvas.
Lihat juga Plastik.

PENGERTIAN FORMIKA | ok-review | 4.5