PENGERTIAN FORMICIDAE

By On Sunday, March 16th, 2014 Categories : Review

Suatu suku yang beranggotakan se­mua jenis semut. Kelompok serangga ini hidup di hampir semua tempat, dari daerah kutub sampai dae­rah tropika. Semua dapat dijumpai di dalam rumah, tanaman, tanah, di bawah batu, kayu lapuk, dan se- rasah. Anggotanya lebih kurang 10.000 jenis.
Bentuk tubuh dan ukurannya bervariasi, dari 1—40 milimeter. Satu atau dua ruas di bagian perut depan mengecil dan berbentuk seperti tangkai yang disebut pedisel. Rahangnya yang kuat berfungsi untuk memo­tong, menggigit, dan sebagai senjata. Formicidae di­golongkan ke dalam serangga sosial karena hidupnya berkoloni dengan koordinasi anggotanya yang sangat teratur.
Selama hidup, tugas ratu hanya bertelur. Ukur­an raja lebih kecil dari ratu. Ukuran tubuh ran: vantz kecil disebut microner dan yang besar disebut macro- ner. Bentuk kepala agak bulat, antena panjang dan ramping. Raja yang juga mempunyai sayap, bertugas mengawini ratu, dan segera mati setelah melakukan perkawinan. Semut pekerja merupakan rakyat yang steril dan tidak bersayap. Matanya kecil atau mere­duksi, beberapa jenis mempunyai oselus, sedangkan lainnya tidak. Tugas pekerja membangun dan mem­bersihkan sarang, mencari makan, menjaga telur, dan merawat larva maupun pupa.
Di dalam koloni, individu-individu semut melaku­kan komunikasi dengan bahasa kimia, sentuhan antena, dan suara. Semuanya diwujudkan dalam ben­tuk isyarat atau petunjuk. Bahasa kimia ini menggu­nakan bahan kimia yang disebut feromon. Feromon dikeluarkan dari kelenjar sekresi yang terdapat di de­kat rahang dan di ujung perut. Feromon yang keluar dari rahang digunakan sebagai isyarat ancaman dari musuh atau bahaya. Yang keluar dari ujung perut me­rupakan petunjuk jejak. Gerakan dan sentuhan antena digunakan untuk menyampaikan pesan atau permin­taan. Dua kali pukulan antena pada kepala semut pekerja lain merupakan isyarat permintaan untuk memuntahkan makanannya. Ketajaman penciuman antena dapat membedakan individu semut lain dari koloni yang sama atau berbeda. Bahasa bunyi diha­silkan dari gesekan ptiol dan perutnya. Bunyi ini di­gunakan sebagai isyarat bahwa kebebasan geraknya dibatasi atau diganggu.
Klasifikasi Ilmiah. Formicidae termasuk bangsa Hyme- noptera; kelas Insecta.
 

PENGERTIAN FORMICIDAE | ok-review | 4.5