PENGERTIAN FLUOROKARBON

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Adalah sekelompok senyawa organik sintetis, yakni hidrokarbon yang terfluorinasi. Senyawa ini juga disebut freon. Banyak di antaranya juga mengandung klor, sehingga disebut klorofluo- rokarbon. Senyawa ini banyak digunakan.
Dua fluorokarbon yang paling lazim digunakan adalah triklorofluorometana (CFCh), yang juga di­sebut F—11, dan diklorodifluorometana (CF2CI2) atau F – 12. F – 11 dan F – 12 tak bersifat racun dan tak dapat dibakar. Bahan ini juga mudah diubah dari uap ke cairan dan sebaliknya, oleh karena itu fluoro­karbon ini digunakan sebagai refrigeran untuk kul­kas dan AC, serta untuk gas dorong (propelan) da­lam berbagai produk semprot aerosol. Kedua bahan ini juga digunakan untuk membuat busa plastik un­tuk perabot dan bahan penyekat (isolator).
Dewasa ini disimpulkan bahwa bahan-bahan yang relatif lamban ini akhirnya sampai ke stratosfer dan mempercepat penguraian ozon menjadi oksigen di si­tu sehingga lapisan ozon (penyerap cahaya ultravio­let pendek) menjadi bolong-bolong, karena itu cahaya ultraviolet pendek sinar matahari lolos ke permukaan bumi. Cahaya ultraviolet pendek ini dapat menimbul­kan kanker kulit dan merusak mata. Berbagai negeri mulai melarang penggunaan beberapa jenis fluorokar­bon dalam produk semprot karena bahaya ini.

PENGERTIAN FLUOROKARBON | ok-review | 4.5