PENGERTIAN FLUORESENS

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Atau pendaran, adalah proses me­mancarnya cahaya dari aneka zat ke segala arah se­gera setelah zat itu menyerap cahaya. Bila pemancar­an itu tertunda, gejala itu disebut fosforesens. Penun­daan itu bisa sependek 10 ~8 detik sampai sepanjang beberapa hari. Cahaya yang diserap bergelombang le­bih pendek (lebih berenergi) dibandingkan dengan ca­haya yang dipancarkan. Zat itu bisa berupa gas, cair­an, maupun zat padat. Definisi tersebut di atas ada­lah definisi ilmiah; namun awam menyebut berbagai proses sebagai pendaran (fluoresens) meskipun energi yang diserap tidak berupa energi cahaya. Istilah yang lebih tepat adalah luminesens (kemiluminesens bila yang diserap energi kimia; bioluminesens bila energi itu energi biokimiawi; dsb.)
Cahaya yang dipancarkan umumnya cahaya tam­pak, tetapi dapat juga cahaya ultraviolet maupun inframerah. Cahaya yang diserap, yang disebut cahaya pengeksitasi, biasanya cahaya ultraviolet, sinar-X, pel­bagai jenis radiasi dan arus listrik. Peristiwa fluoresens pertama kali diterangkan oleh Sir George G. Stokes, seorang ahli fisika Inggris, pada tahun 1852.
Lampu fluoresen (lampu “neon”) banyak diguna­kan dalam kantor, pabrik, dan rumah. Di dalam lam­pu ini terdapat uap merkurium yang memancarkan cahaya ultraviolet karena ada lucutan listrik. Cahaya ini diserap oleh bahan-bahan yang ada pada dinding tabung, dan dipancarkan sebagai cahaya tampak. Ba­nyak rambu dan papan iklan dibubuhi cat yang me­ngandung zat fluoresen. Zat warna fluoresen diguna­kan pada sel dan jaringan untuk mempelajari proses biologi. Banyak zat dengan kuantitas sangat kecil, misalnya obat dalam cairan tubuh maupun pencemar, ditetapkan berdasarkan proses fluoresens.
Lampu jalan raya terbuat dari uap merkurium atau natrium yang berpendar. Layar pesawat TV terbuat dari zat yang berpendar. Dalam contoh-contoh ini energi pengeksitasi bukanlah energi cahaya, melain­kan berkas elektron yang berkecepatan cukup tinggi.

PENGERTIAN FLUORESENS | ok-review | 4.5