PENGERTIAN FLUIDIKA

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Adalah studi mengenai sistem dan peranti yang memanfaatkan zat-alir (fluida, yakni gas dan cairan) untuk menjalankan sistem pengawasan. Jelas­nya, fluidika adalah teknologi yang memanfaatkan aliran gas dan cairan untuk melakukan fungsi kom­putasi, kontrol, penginderaan, penguatan, dan sake­lar. Fungsi-fungsi ini dilakukan oleh berbagai unsur fluidik yang mengubah-ubah semprotan cairan tan­pa menggunakan bagian mekanis yang bergerak. Se­bagai zat-alir umumnya digunakan udara dan air.
Umumnya unsur fluidika terdiri atas gerbang pa­sokan untuk semprotan (jet) bertenaga yang diumpan dari dalam suatu sumber fluida luar; satu atau bebe­rapa gerbang lagi atau lebih untuk semprotan kenda­li lebih kecil yang arahnya tegak lurus terhadap aliran semprotan utama; suatu daerah interaksi tempat sem­protan kendali mempengaruhi lintasan semprotan utama; dan satu atau beberapa gerbang keluaran, un­tuk semprotan utama yang menyelesaikan fungsi khu­sus unsur fluidik tersebut.
Ukuran unsur fluidik beraneka, mulai dari yang ,25 milimeter) dalam suatu kom­puter sampai yang relatif besar (nozel beberapa me­ter) untuk mengalihkan arah aliran dalam suatu pi­pa. Dalam setiap kasus bentuk rumit saluran untuk aliran masukan, kendali dan keluaran harus dibuat dalam dimensi yang cermat (berpresisi tinggi). Untuk itu telah dikembangkan berbagai teknik fabrikasi un­tuk memproduksi unsur-unsur fluidika dengan salur­an yang dibentuk dalam lempeng kaca, keramik, lo­gam atau plastik.
Penggunaan.
Perangkat fluidik umumnya meru­pakan pelengkap perangkat elektronika. Keuntungan utama elemen-elemen fluidik adalah: mampu beker­ja dalam lingkungan yang drastis (misalnya suhu sa- igat tinggi atau sangat rendah, getaran hebat, dan ra­diasi nuklir) serta mudah berintegrasi dengan mesin- mesin yang menggunakan fluida sebagai tenaga pe­nyensor maupun penggerak.
Sebuah percobaan komputer digital fluidik serba­guna yang menggunakan elemen-elemen plastik dan udara sebagai fluida pernah dibuat oleh Univac pada tahun 1964. Berbagai elemen digital fluidik sudah di- realisasi untuk kegunaan-kegunaan tertentu. Elemen- elemen ini dapat melakukan fungsi-fungsi logika (lo­gic) seperti OR, AND, dan NOT, yang ketiganya da­pat berfungsi sebagai sebuah penambah atau pemba­lik (lihat Gerbang). Elemen-elemen fluidik juga da­pat digunakan sebagai perangkat analog, terutama un­tuk penyensor atau penguat. Seluruh elemen fluidik dapat diklasifikasikan sebagai elemen digital atau analog. Yang digital lebih umum digunakan dalam industri.
Banyak pesawat terbang dan peluru kendali dalam lingkungan yang drastis memakai alat ini. Elemen- elemen fluidik digunakan untuk mengontrol peluru kendali di ketinggian, mengontrol kestabilan pesawat erbang, dan mengontrol mesin jet. Pengontrol per- f.akas-perkakas mesin, pengontrol proses, pemasang­an bagian-bagian mesin, dan pemasangan pembang­kit tenaga nuklir juga memanfaatkan keuntungan yang diberikan oleh unsur-unsur fluidik. Teknologi ke­dokteran merupakan daerah harapan yang lain. Da­lam respirator dan pompa jantung pemakaian elemen- elemen fluidik juga dikembangkan.

PENGERTIAN FLUIDIKA | ok-review | 4.5