PENGERTIAN FLORIKULTUR

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Suatu jenis pembudidayaan dan pengelolaan tanaman, termasuk seni tanaman hias atau tanaman berbunga. Kebanyakan tanamannya be­rupa herba semusim atau tumbuhan tahunan yang ber­bunga. Florikultur termasuk salah satu cabang ilmu hortikultura yang populer. Di bidang perdagangan pun florikultur dapat mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Di beberapa negara maju, misalnya di Amerika, Eropa, dan Jepang, florikultur sudah ter­masuk industri yang cukup penting.
Untuk mengembangkan cabang ilmu ini, ilmuwan florikultur mengadakan berbagai penelitian. Mereka mengembangkan beberapa varietas tanaman, atau menciptakan hibrida-hibrida baru. Selain itu, pakar- pakar ini juga meneliti faktor fisik, kimiawi, dan bio­logi tanaman; serta mencari cara yang tepat untuk mencegah atau membasmi hama dan penyakit tanam­an berbunga tersebut. Di lapangan, petani bunga berusaha memperlakukan dan merawat tanaman bu­nga setepat mungkin, karena mereka mengharapkan hasil yang semaksimal mungkin.
Cara pembudidayaan tanaman florikultur ini ber­macam-macam. Rumah kaca adalah salah satu sara­na yang sangat membantu dalam pembudidayaan ta­naman berbunga ini, terutama di negara-negara ber­iklim dingin. Namun di negara yang memiliki iklim lebih sejuk, pembudidayaannya berlangsung di kebun bunga. Perdagangannya mencakup bunga potong atau tanaman hias. Bunga potong ini biasa dirangkai se­bagai buket, krans, atau bahan dekorasi ruang dalam berbagai upacara, sedangkan tanaman hias dapat di­tanam di pot dalam rumah, halaman rumah, kebun, atau di taman-taman kota.

PENGERTIAN FLORIKULTUR | ok-review | 4.5