PENGERTIAN FERI

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Suatu jenis kapal pengangkut untuk menye­berangi sungai, laut, selat, atau perairan lainnya dengan jarak pelayaran yang tidak terlalu jauh. Feri ti­dak memiliki kamar tidur dan hanya menyediakan tempat duduk yang mirip dengan tempat duduk di bus atau kereta api, biasanya di bagian atas, untuk para penumpangnya. Sedangkan tingkat b; adalah tempat kendaraan-kendaraan, baik mob. npaiig bus, maupun truk niaga. Dalam pengertian yang sederhana, feri biasanya ter­batas hanya melintasi sungai, terusan, danau, teluk selat, dan danau besar. Pada mulanya, feri didayung bila menyeberangi sebuah sungai, bahkan ada yang ditarik mengikuti seutas tali yang melintang memo­tong sungai. Namun pada perkembangan selanjutnya istilah feri digunakan juga, misalnya untuk feri samu- dera dan feri penyusur pantai. Hicirofoil dan hover­craft adalah jenis feri penyeberangan yang termodern saat ini.
Di Indonesia, jaringan feri yang paling ramai ada­lah yang menyeberangi Selat Bali untuk menghubung­kan Pulau Jawa dan Bali antara Ketapang – Gilimanuk. Selain itu ada pula feri-feri yang melayani rute Merak – Bakahuni yang menghubungkan Pulau Ja­wa dan Sumatra; rute Kamal – Ujung Tanjung Perak yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura; dan rute Padangbai – Lembar yang menghubungkan Pu­lau Bali dan Lombok. Feri-feri ini dioperasikan oleh PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api).
Feri dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu je­nis yang dapat dikategorikan sebagai feri berpintu satu dan berpintu rangkap (muka-belakang). Bila melayani rute jarak pendek, umumnya kapal feri dirancang ber­pintu rangkap. Kapal ini memiliki sebuah baling- balirtiT^^kemudn^sing-masing pada bagian bela­kang dan depan kapal, sedangkan tempat meletakkan kendaraan yang diangkutnya ada di bagian tengah (lambung) kapal.

PENGERTIAN FERI | ok-review | 4.5