PENGERTIAN FELIDAE

By On Thursday, March 13th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Salah satu suku dari kelas Mamalia. Su­ku ini beranggotakan semua jenis kucing, dari kucing besar, seperti harimau, sampai kucing kecil, misalnya kucing rumah. Ciri khasnya adalah tubuh ramping dan pendek, gerakan luwes, kepala agak bulat, mon­cong pendek, gigi berbentuk pengunyah dan pencabik- cabik, kaki depan berjari lima, sedangkan kaki bela­kang berjari empat, cakar pipih dan melengkung, serta ekor panjang.
Hampir semua anggota Felidae merupakan hewan pemakan daging atau karnivora. Pakannya berupa mamalia kecil dan burung atau hewan herbivora ber­ukuran besar, seperti rusa dan antelop. Berbeda de­ngan kucing lain, Felis viverina makan ikan, kerang, dan keong. F. planiceps merupakan satu-satunya je­nis kucing pemakan tumbuhan. Kesukaannya ubi jalar.
Indera penglihatan dan pendengaran kucing sangat baik. Sebaliknya, indera penciumannya tidak begitu tajam dibandingkan dengan hewan karnivora lainnya, misalnya anjing. Felidae merupakan hewan noktur­nal atau hewan malam, kecuali citah yang berburu terutama di siang hari. Mata Felidae yang besar khu­sus beradaptasi untuk melihat di malam hari, ketika jumlah cahaya sangat sedikit.
Musim kawin biasanya di akhir musim dingin atau awal musim semi. Namun beberapa jenis—misalnya singa, harimau, dan macan tutul—mampu kawin se­panjang tahun. Betina dari jenis kucing yang besar mulai kawin ketika berumur 3—4 tahun, sedangkan yang jantan 5—6 tahun. Jenis kucing kecil sudah da­pat kawin ketika berumur kurang dari setahun. Ma­sa bunting kucing bervariasi. Pada kucing berukuran kecil sekitar 50—68 hari, sedangkan pada kucing be­sar 88—113 hari. Banyaknya anak kucing yang dila­hirkan antara 2—3 ekor, namun jaguar cenderung me­lahirkan satu anak. Kucing rumah kadang-kadang da­pat melahirkan lebih dari enam anak. Betina Felidae memiliki empat sampai delapan puting susu. Pada ke­banyakan jenis kucing, sang jantan tidak pernah mengasuh atau bahkan bisa menyerang anaknya. Se­baliknya jaguar jantan membantu betinanya dalam mengasuh anak.

PENGERTIAN FELIDAE | ok-review | 4.5