PENGERTIAN FEDERATION INTERNATIONALE DES EDITEURS DE JOURNAUX ET PUBLICATIONS

By On Thursday, March 13th, 2014 Categories : Review

Disingkat Fiej, adalah Federasi Penerbit Surat Kabar Internasional, didirikan di Paris pada tahun 1948 atas prakarsa serikat-serikat penerbit surat kabar Perancis dan Be­landa. Tujuannya mengembangkan etika dan ekonomi penerbitan surat kabar, mengembangkan kondisi yang menguntungkan kehidupan usaha pers, dan memba­wakan suara usaha pers di dunia internasional. Fiej memperoleh kedudukan konsultatif dari UNESCO pa­da tahun 1949, dari PBB pada tahun 1950, dan dari Dewan Eropa pada tahun 1974.
Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Indonesia di­terima sebagai anggota penuh Fiej dalam kongres ke-23 Fiej yang diadakan di Washington D.C. pada tanggal 15—19 Juni 1970. Para anggota penuh lain­nya meliputi serikat-serikat penerbit surat kabar Aus­tralia, Austria, Belgia, Kanada, Sri Lanka, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman Barat, Inggris, India, Israel, Italia, Jepang, Luxembourg, Korea Selatan, Nederland, Norwegia, Swedia, Swis, Turki, dan Ame­rika Serikat. Di samping itu, Fiej mempunyai sejum­lah anggota peserta, seperti Brasil, Kamerun, Iran, Irlandia, Meksiko, Pakistan, dan Tunisia.
Para anggota Fiej secara keseluruhan mewakili 70 persen penerbitan surat kabar di seluruh dunia dan pemakai 80 persen dari seluruh konsumsi kertas di dunia.

PENGERTIAN FEDERATION INTERNATIONALE DES EDITEURS DE JOURNAUX ET PUBLICATIONS | ok-review | 4.5