PENGERTIAN FEBRUARI

By On Thursday, March 13th, 2014 Categories : Review

Adalah bulan kedua dalam almanak yang berlaku sekarang dan merupakan yang terpen­dek. Konon, Februari tidak tercantum dalam alma­nak Romawi yang terdiri atas sepuluh bulan susunan Romulus. Bulan ini dimasukkan ke dalam almanak Romawi itu oleh Numa Pompilius sebagai bulan ter­akhir dalam tahun, sehingga susunannya adalah Maret-April-Mei-Juni-Juli-Agustus-September-Oktober-November-Desember-Januari-Februari. Alasan­nya, kata februare dalam bahasa Latin berarti me­nyucikan dan orang Romawi mempunyai kebiasaan untuk menyucikan diri pada tanggal 15 bulan itu da­lam rangka menyambut tahun baru. Julius Caesar lalu memindahkan bulan pertama dari Maret ke Januari, sehingga Februari menjadi, bulan kedua dalam tahun. Selama pemerintahan kaisar itu, Februari memiliki 30 hari.
Almanak yang kini berlaku memiliki susunan yang sama dengan almanak yang berlaku pada jaman Ju­lius Caesar. Kekecualiannya adalah bahwa Februari hanya memiliki 28 hari, dan mendapat satu hari tam­bahan pada setiap tahun kabisat yang berlaku empat tahun sekali. Konon, jumlah hari dalam bulan Feb­ruari yang 30 itu diambil satu oleh Julius Caesar un­tuk ditambahkan ke dalam bulan yang diambil dari namanya, yakni Juli. Kemudian Kaisar Agustus meng­ambil satu hari lagi dari bulan Februari untuk dima­sukkan ke dalam bulan yang sesuai dengan namanya, yakni bulan Agustus.
Hari istimewa dalam bulan Februari adalah Hari Valentine yang jatuh pada hari ke-14, untuk memper­ingati kematian seorang kudus dalam kepercayaan Kristen (santo) Valentinus, pelindung orang-orang yang sedang memadu cinta sejati. Pada hari ke-14 da­lam bulan Februari ini orang saling bertukar ucapan selamat dengan mereka yang dikasihi, termasuk orang tua dan teman dekat. Kebiasaan yang semakin mem­budaya ini sudah berlangsung sejak Abad Pertengah­an, dan pada hari istimewa ini merah muda menjadi warna favorit. Di Indonesia, Hari Valentine umum­nya dirayakan oleh para remaja di kota-kota besar.
Hari istimewa lainnya adalah Perayaan Lilin yang jatuh pada hari kedua dalam bulan Februari. Oleh Ge­reja Katolik perayaan ini merupakan peringatan saat Yesus dipersembahkan di bait Allah; juga saat Pe­rawan Maria dinyatakan dikandung tanpa dosa.
 

PENGERTIAN FEBRUARI | ok-review | 4.5