PENGERTIAN ETER

By On Wednesday, March 26th, 2014 Categories : Review

Merupakan nama kelompok dari senyawa- senyawa yang secara umum mempunyai rumus kimia R – O – R'(R dan R’ adalah gugus hidrokarbon). Eter umumnya berupa cairan, kecuali dimetil eter yang be­rupa gas dan eter-eter tinggi yang berupa zat padat. Anggota yang terpenting dan terkenal adalah dietil eter, yang biasa disebut eter saja.
Dietil eter mempunyai rumus kimia C2H5OC2H5. Senyawa ini berupa cairan tak berwarna yang sangat mudah terbakar. Di laboratorium, mahasiswa yang bekerja dengan eter harus menjauhi nyala api. Eter yang tertetes pada lempeng panas dapat serta merta terbakar. Eter mudah membentuk peroksida yang akan meledak bila eter itu disuling sampai hampir ke­ring. Eter berbau manis dan keras, mendidih pada 37,6°C dan membeku pada — 116,3°C.
Orang yang menghirup uap dietil eter dapat kehi­langan kesadaran. Pernah eter digunakan sebagai anestesia umum, tetapi sekarang tidak lagi karena ada­nya efek samping berupa mual; juga karena senyawa itu mudah terbakar.
Eter dalam industri digunakan sebagai pelarut (par­fum, bahan peledak, dll.), baik untuk ekstraksi mau­pun untuk pengemban suatu reaksi organik.
 

PENGERTIAN ETER | ok-review | 4.5