PENGERTIAN ETAPPE

By On Monday, March 24th, 2014 Categories : Review

Penggalan jarak tertentu yang harus di­tempuh seorang peserta lomba. Perlombaan yang Menggunakan sistem etappe umumnya mempunyai ja­rak lomba yang panjang. Contoh yang paling terke­nal untuk lomba jarak jauh ialah lomba ketahanan mobil Paris – Dakar, lomba dengan jarak tempuh ter­panjang di dunia. Dalam lomba semacam ini, atau da­lam kejuaraan reli mobil Jakarta – Surabaya, jarak tempuh dibagi atas beberapa etappe.
Untuk mencapai tiap etappe ada beberapa keten­tuan yang harus diperhatikan, terutama rute yang ha­rus diambil dan waktu tempuh. Bila rute tempuhnya salah, pesertanya bisa didiskualifikasi atau diberi hu­kuman, biasanya dalam beniuk pemotongan angka. Bila segi yang lebih ditekankan dalam pencapaian etappe ialah ketepatan waktu, maka kedatangan yang lebih cepat atau lambat dari waktu yang ditentukan akan diberi hukuman juga berupa pemotongan angka.
Pentahapan jarak lomba dalam beberapa etappe memungkinkan peserta lomba beristirahat, atau mem­perbaiki kendaraan. Untuk maksud tersebut peserta lomba umumnya ditemani satu atau beberapa montir.
Pemenang perlombaan semacam ini ialah pesenta yang memperoleh jumlah angka tertinggi setelah di­kurangi angka hukuman. Angka ini diperoleh dari penjumlahan setiap angka etappe. Ini berarti bahwa belum tentu orang pertama yang mencapai finis akan menjadi juara. Ini mungkin terjadi kalau ia hanya mendapat angka kecil dalam beberapa etappe terda­hulu. Keistimewaan inilah yang membedakan lomba ini dari perlombaan jenis lain dalam dunia atletik yang pemenangnya adalah atlet yang pertama menyentuh garis finis.

PENGERTIAN ETAPPE | ok-review | 4.5