PENGERTIAN ESTUARI

By On Friday, March 21st, 2014 Categories : Ilmu Alam

Mulut muara sungai di tepi pantai yang merupakan zone perpindahan antara sungai dan laut. Letaknya sejajar dengan garis pantai. Di sini air ta­war dari sungai akan bercampur dengan air laut bila pasang naik. Estuari biasanya berbentuk corong dan menjorok ke arah daratan.
Dimensi fisik estuari dapat membatasi gerak gelom­bang, gerakan pasang naik, dan bertemunya air de­ngan salinitas (kadar garam) berbeda antara air laut dan air sungai. Estuari adalah area endapan di tepi pantai yang akan terendam sepanjang hari, bila ter­jadi pasang naik. Daerah ini akan terbentuk apabila di mulut sungai terjadi perbedaan tinggi yang cukup besar antara waktu pasang naik dan pasang surut. Bentuk corong yang menjorok ke dalam terbentuk ka­rena hentakan gelombang laut dan karena limpasan pasang naik. Di beberapa tempat, estuari memiliki ke­dalaman yang dangkal. Tetapi di pinggir pantai dae­rah bergunung-gunung, seperti Alaska dan Norwegia, estuari yang dalam karena erosi dari pencairan dan salju di daerah hulu. Daerah itu disebut fjord. Estuari terus-menerus berubah karena silih bergan­tinya pengendapan bawaan air sungai dan erosi oleh gelombang air laut serta gelombang pasang. Gelom­bang pasang dan arus laut bisa mengikis endapan sungai dan membawanya melintasi mulut estuari se­hingga membentuk penghalang. Terjadilah sebuah da­nau di pinggir laut. Di beberapa tempat, arus pasang masuk ke estuari itu sangat tinggi. Di Teluk Fundy, jsfova Scotia, Kanada, gelombang air pasang bisa men­capai ketinggian 15 meter.
Turun naiknya permukaan air serta salinitas dan suhu menyebabkan kehidupan di estuari. Namun tempat ini merupakan habitat banyak he­wan laut seperti teripang, Crustacea, kerang-kerangan, dan wilayah pemijahan yang baik bagi beberapa ma­cam jenis ikan.

PENGERTIAN ESTUARI | ok-review | 4.5