PENGERTIAN ESOTERIK

By On Thursday, March 13th, 2014 Categories : Antropologi

Suatu ciri bagi pendapat atau pengetahu­an yang hanya dimaksudkan untuk diketahui oleh orang-orang tertentu dalam suatu kelompok masya­rakat. Biasanya pendapat dari “orang dalam” terse­but sukar dimengerti atau tidak dapat diterima oleh kelompok lain yang tergolong “orang luar.” Sering kali orang dalam sendiri memang menganggap bahwa pengetahuan tersebut tidak boleh dimengerti oleh orang luar, sehingga hanya dibicarakan dan diajar­kan kepada anggota kelompok.
Pengetahuan esoterik biasanya dianut dan dikem­bangkan oleh kelompok khusus dalam masyarakat, misalnya kelompok keagamaan, kebatinan, keper­cayaan, yang sering kali memiliki sifat rahasia. Teta­pi tidak jarang pula sifat esoterik ditemukan dalam pergaulan antarkelompok masyarakat sehari-hari, mi­salnya dalam cerita atau lelucon. Ada lelucon terten­tu yang diperuntukkan hanya untuk orang dalam ke lompok saja, misalnya lelucon yang bersifat menghi­na suku bangsa lain, yang dapat menyinggung pera­saan orang.
Pandangan atau pengetahuan yang sebaliknya, arti­nya dapat diterima, dimengerti, dan diketahui oleh siapa saja, disebut pengetahuan eksoterik. Pengeta­huan seperti ini terbuka untuk siapa saja dan biasa­nya dilaksanakan serta dipelihara oleh masyarakat. Contohnya adalah gurauan atau cerita lucu menge­nai binatang, yang isinya tidak menimbulkan perasaan apa-apa selain perasaan lucu.

PENGERTIAN ESOTERIK | ok-review | 4.5