PENGERTIAN ERGOTOKSIN

By On Saturday, March 1st, 2014 Categories : Kesehatan

Umumnya merupakan campuran alkaloid yang isomorf dan faali aktif yang berasal dari jamur ergot. Ergotoksin yang khas adalah alkaloid yang faali aktif dan kristalin dengan rumus kimia C35H39N5O5. Ergotoksin ini merupakan stereoisomer dari ergotinina.
Ergotoksin bersama-sama ergotamina dan ergonovina terdapat dalam jamur dari marga Claviceps yang menyerang gandum-ganduman. Keracunan ergot da­pat dijumpai pada ternak pemakan rumput yang di­serang jamur itu. Gejalanya adalah kelumpuhan, otot menggeletar, dan peradangan pada saluran cerna. Ma­nusia sangat peka terhadap alkaloid ergot ini. Ke­racunan akan mengakibatkan nyeri otot, baal pada tapak kaki dan kaki keseluruhan, pening, mual, mun­tah, diare, serta mabuk.
Meskipun bersifat racun, pada dosis yang tepat ergotamina berkhasiat untuk mengobati pening mi­graine. Sementara itu ergonovina berkhasiat meng­induksi pengerutan uterin untuk mengeluarkan pla­senta setelah bayinya keluar. Sampai sekarang zat-zat ini masih dimanfaatkan di dunia kedokteran.

PENGERTIAN ERGOTOKSIN | ok-review | 4.5