PENGERTIAN ENEMA

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Kesehatan

Adalah cairan atau alat yang dimasukkan ke dalam usus bagian bawah melalui anus. Cairan atau alat yang dimasukkan dapat berfungsi sebagai pen­cahar, obat, atau alat bantu dalam mendiagnosis pe­nyakit. Pemakaian enema untuk suatu tujuan biasa­nya diikuti dengan petunjuk mengenai jenis cairan yang digunakan, jumlahnya, sejauh mana dan berapa lama cairan diletakkan di dalam usus besar.
Orang yang mendapat enema biasanya dibaringkan miring ke kiri di atas tempat tidur yang telah diberi alas perlak karet. Kemudian lututnya ditarik ke arah dada. Kantung enema yang sudah diisi dengan cairan diletakkan lebih tinggi (sekitar 45 sentimeter) dari tu­buh orang tersebut. Cairan enema yang sering dipa­kai untuk obat pencahar ialah air sabun, air garam, atau larutan soda kue (natrium bikarbonat). Setelah bagian yang akan dimasukkan ke dubur diberi pelu­mas, misalnya parafin, dan telah dipastikan bahwa tidak ada udara di dalam saluran itu, bagian tersebut segera dimasukkan ke dalam lubang anus. Setelah sa­luran masuk sekitar 5 sentimeter, cairan enema dima­sukkan. Bila pasien mengeluh nyeri, kantung enema perlu diturunkan sedikit atau aliran cairan diperlam­bat dengan mengatur klem. Bila cairan sudah masuk semua, ditunggu beberapa saat sampai pasien mera­sa ingin buang air besar. Enema berulang kali untuk mengatasi sembelit sama sekali tidak dianjurkan, ka­rena tidak akan memperbaiki keadaan, bahkan mem­perlemah usus besar dalam menjalankan fungsi nor­malnya.
Enema yang berfungsi sebagai obat biasanya tidak menyebabkan kontraksi usus, sehingga tidak menye­babkan rasa ingin buang air besar. Obat yang dile­paskan akan melapisi selaput lendir untuk kemudian diserap masuk ke dalam aliran darah atau hanya ber­efek lokal saja. Enema yang diberikan untuk mem­bantu dalam mendiagnosis penyakit misalnya berupa barium enema, yang diberikan menjelang pembuatan foto Roentgen usus besar dan rektum. Barium (seba­gai barium sulfat) di sini berfungsi sebagai zat kon­tras yang akan memperjelas hasil foto.

PENGERTIAN ENEMA | ok-review | 4.5