PENGERTIAN EMULSI

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Kesehatan

Suatu jenis koloid berupa butiran-butiian sangat halus dari suatu cairan, yang tersebar dalam cairan lain. Kedua cairan itu tak dapat campur, atau hanya sedikit sekali bercampur. Emulsi alamiah antara lain adalah kuning telur, lateks, minyak bumi men­tah, dan susu. Es krim, krim obat dan kosmetik, la­pis legit, kue tart, serta mayones adalah emulsi buatan manusia.
Emulsi dibuat dengan mengocok atau mengaduk kuat-kuat campuran cairan yang sudah ditambahi zat pengemulsi. Dapat digunakan blender rumah tangga, atau, di dalam pabrik, kilang koloid, penghomogen, dan osilator ultrasonik.
Emulsi distabilkan oleh bahan pengemulsi yang mengurangi tegangan antarmuka antara fase-fase itu. Biasanya digunakan sabun sebagai zat pengemulsi.
Zat cair yang tertebar sebagai butir {fase terdispersi) dan cairan yang mengelilinginya {fase sinambung) da­pat bertukar peran, bergantung pada proporsi relatif komponen-komponen itu. Misalnya emulsi minyak dalam air berubah menjadi emulsi air dalam minyak bila ditambah minyak. Peran itu juga dapat bertukar bila bahan pengemulsi jenis lain ditambahkan.

PENGERTIAN EMULSI | ok-review | 4.5