PENGERTIAN EMULASI

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Teknologi

Dalam ilmu komputer, secara umum, adalah kemampuan komputer untuk menafsirkan dan melaksanakan kumpulan instruksi dari komputer lain. Untuk itu komputer tersebut harus memiliki kemam­puan untuk melakukan serangkaian operasi (mikro-operasi) yang ekuivalen pada saat suatu kode operasi tertentu harus dilaksanakan. Kode operasi dapat di­acukan sebagai makroinstruksi.
Unit pengendali komputer dapat berisi logik pe­rangkat keras (berupa sirkuit logik digital untuk tiap kode operasi), atau pengendali dengan mikroprogram. Bila unit pengendali berisi pengendali dengan mikro­program, unit ini memiliki rangkaian instruksi (ma­kroinstruksi) yang pada saat ditafsirkan dan dilaksa­nakan akan mengendalikan operasi gerbang rangkai­an pada unit pemroses pusat (Central Processing Unit). Inilah yang merupakan proses eksekusi kode operasi. Mikroprogram disimpan dalam memori yang hanya dapat dibaca {Read Only Memory).
Program pengendali dalam unit pengendali dapat hanya berupa rangkaian makroinstruksi yang akan menginstruksikan unit pemroses pusat untuk melaku­kan operasi sesuai dengan kumpulan instruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Sebagai contph, apabila seorang perancang komputer akan meng­implementasikan makroinstruksi penambahan dari sa­tu register ke register lain (.ADD register to register), rangkaian makroinstruksinya akan merupakan instruk­si operasi gerbang logik yang akan mengoperasikan tiap register ke unit logik aritmetika {Arithmetic Lo­gic Unit) dan menyimpan hasilnya kembali ke register. Kemungkinan yang lain adalah meletakkan makro­instruksi dari komputer lain ke dalam perangkat ke­ras suatu komputer. Hal ini dilakukan dengan mem­program makroinstruksi dari komputer satu ke dalam perangkat keras komputer lainnya; kumpulan ma­kroinstruksi dari satu komputer diimplementasikan pada perangkat keras komputer lain yang berbeda.
Penggunaan lain istilah emulasi berkaitan dengan kemungkinan untuk mengganti papan sirkuit pada unit pengendali dengan papan sirkuit yang lain agar dapat dilakukan penggantian makroinstruksinya. Pendekatan seperti ini telah dilakukan antara lain pada perancangan mesin Cobol atau mesin Fortran. Cara seperti ini dilakukan karena beberapa makroinstruksi tertentu lebih berguna pada suatu bahasa tertentu da­ripada pada bahasa lainnya.
Istilah emulasi berkaitan pula dengan pembuatan perangkat lunak (program komputer) yang bila dilak­sanakan akan melakukan proses yang ekuivalen pa­da satu komputer dengan proses yang dilakukan oleh kode operasi pada komputer lain. Satu contoh emu­lasi dengan perangkat lunak seperti ini antara lain di­lakukan untuk meniru kerja satu jenis terminal kom­puter oleh komputer lain.
Saat ini terdapat kecenderungan untuk memindah­kan beberapa bagian dari perangkat lunak sistem ke dalam bagian pengendali-dengan-mikroprogram dari mesin komputer sehingga perangkat lunak dapat di­laksanakan lebih cepat. Implementasi perangkat lu­nak dalam perangkat keras seperti ini disebut firm­ware dan merupakan satu jenis lain dari emulasi.

PENGERTIAN EMULASI | ok-review | 4.5