PENGERTIAN EMU

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Ilmu Alam

Suatu jenis burung yang daerah penyebaran­nya hanya terbatas di Benua Australia dan Pulau Tas­mania. Oleh karena itulah emu digunakan sebagai lambang burung nasional Australia.
Seperti halnya kasuari dan burung unta, burung emu tidak bisa terbang karena tidak memiliki alat ke­seimbangan pada tulang dadanya yang otot-otot un­tuk terbangnya berbeda dengan jenis burung lainnya. Juga struktur bulunya berbeda. Tetapi burung emu memiliki kaki panjang dan kuat yang dapat diguna­kan untuk berlari.
Burung emu mempunyai bulu penutup tubuh ber­warna cokelat tua hingga cokelat keabu-abuan. Ben­tuk bulunya seperti lidi dan agak kasar. Kulit kepala dan kerongkongannya biru. Kakinya yang kelabu ke­cokelatan mempunyai tiga jari. Pada musim berkembang-biak, burung betinanya dapat dibedakan dari yang jantan, karena warna bulunya menjadi le­bih gelap, sedangkan leher dan kepalanya ditutupi bulu hitam tebal. Ukuran tubuhnya besar, tingginya dalam keadaan berdiri bisa mencapai 2 meter. Biasa­nya yang jantan sedikit lebih kecil daripada yang be­tina.
Burung emu dapat hidup dengan cara mengemba­ra di mana saja, mulai dari daerah kering, padang rumput, semak-semak hingga hutan tropis yang tidak lebat. Pakannya berupa daun-daunan, buah-buahan, dan kadang-kadang serangga. Mereka menelan keri­kil untuk membantu pencernaan pakannya secara me­kanik di dalam lambung.
Hidupnya menyendiri atau membentuk kelompok yang jumlahnya dapat mencapai ratusan. Betinanya bertelur sekitar 9—12 butir. Cangkang telurnya ber­warna hijau tua mengkilap. Jantannya bertugas me­ngerami telur dan merawat anaknya. Kadal, anjing liar, dan babi liar merupakan musuh alami yang me­mangsa telurnya.
Klasifikasi Ilmiah. Burung emu termasuk marga Dro- tnaius; nama jenisnya D. novaehollandiae.

PENGERTIAN EMU | ok-review | 4.5